• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERHITUNG PERKALIAN DENGAN TEKNIK KEJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SDN JUBUNG 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Weni Wahyu Anggraeni_1.pdf (590.1Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    WENI WAHYU AGGRAENI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu faktor penyebab rendahnya mutu pendidikan berkaitan dengan strategi pembelajaran yang digunakan. Dalam pembelajaran konvensional, guru terlalu mendominasi sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Siswa hanya duduk mendengarkan penjelasan guru, sesekali menjawab pertanyaan, kemudian mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru. Penerapan teknik permainan kejar melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan membantu siswa dalam memahami materi dengan berkelompok, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan pembelajaran matematika menggunakan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together pokok bahasan perkalian siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember?; (2) bagaimana meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together pokok bahasan perkalian siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember?; (3) bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together pokok bahasan perkalian pada siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember? Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penerapan pembelajaran matematika dengan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together pokok bahasan perkalian siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember, (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together pokok bahasan perkalian siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember, dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif numbered heads together pokok bahasan perkalian siswa kelas 4 SD Negeri Jubung 03 Jember. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Jubung 03 Jember, dengan jumlah siswa 31 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pada penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 22 September 2011 sampai dengan 7 Oktober 2011. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan skor tes individu, serta hasil observasi, hasil wawancara, hasil tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan : 1). Penerapan pembelajaran menggunakan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif NHT pokok bahasan operasi perkalian dapat memudahkan dan mempercepat siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perkalian; 2). Pembelajaran dengan teknik kejar melalui pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada analisis aktivitas belajar siswa dari awal hingga akhir pembelajaran yaitu siklus I mencapai 64,9% dan pada siklus II mencapai 75,9%. 3). Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I secara klasikal mencapai 71% dan pada siklus II mencapai 96,7%. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan hasil penelitian ini hendaknya digunakan sebagai literatur atau alternatif dalam menyelesaikan persoalan yang melibatkan perkalian supaya menjadi mudah dan cepat tanpa menggunakan kalkulator, sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar, dan sebagai sarana untuk meningkatkan kerja sama dan kreatifitas guru.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8320
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository