SISTEM INFORMASI PENENTUAN CROSS-SELLING PRODUK PADA SISTEM PENJUALAN KPRI UNIVERSITAS JEMBER MENGGUNAKAN METODE APRIORI
Abstract
KPRI Universitas Jember merupakan salah satu usaha koperasi yang ada di Jember. Salah satu unit usaha yang dijalankan oleh KPRI Universitas Jember adalah Unit pertokoan. KPRI Universitas Jember sudah memiliki sebuah sistem informasi penjualan yang mengelola semua transaksi penjualan produknya. Menurut Priyana & Kardianawati (2015), data penjualan yang tersimpan pada database dapat diolah lebih lanjut untuk menerapkan suatu strategi pemasaran. Salah satu strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh KPRI dengan memanfaatkan data dalam database penjualan adalah strategi cross-selling produk.
Untuk membantu mengembangkan strategi pemasaran produk pada KPRI Universitas Jember, maka dirancang sebuah sistem untuk menentukan cross selling produk yang merupakan salah satu strategi pemasaran produk. Database yang tersimpan pada sistem informasi penjualan dapat dimanfaatkan untuk membuat sistem yang dapat membantu koperasi dalam menentukan produk Cross-selling yang sesuai dan lebih menarik minat konsumen. Sistem Informasi yang akan dibangun menggunakan metode datamining market basket analysis dengan menggunakan algoritma Apriori. Dengan menerapkan metode market basket analysis dengan menggunakan algoritma Apriori pada pembuatan sistem Cross-selling produk maka akan didapatkan hasil rekomendasi produk yang dapat ditawarkan kepada konsumen secara bersamaan dalam satu waktu yang dilihat dari perhitungan pola transaksi. Sehingga KPRI Universitas Jember dapat mengetahui kombinasi produk yang yang sering dibeli oleh konsumen dan dapat meningkatkan nilai penjualan.