Show simple item record

dc.contributor.authorTri Asminingsih
dc.date.accessioned2013-12-12T02:02:09Z
dc.date.available2013-12-12T02:02:09Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8316
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang menunjukkan kurangnya kemampuan siswa kelas V SDN Sempusari 01 Kecamatan Kaliwates dalam kemampuan berbicara. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan guru hanya ceramah dan kurang memotivasi siswa untuk semangat belajar. Lafal dan intonasi siswa SDN Sempusari 01 cenderung terikat dengan dialeg sekitar. Kemampuan berbicara sangat berguna bagi siswa. Oleh karena itu dipilih metode Sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Sosiodrama adalah semacam sandiwara atau dramatisasi tanpa skrip (bahan tertulis ), tanpa latihan terlebih dahulu, tanpa menyuruh anak menghafalkan sesuatu. Metode sosiodrama merupakan metode mengajar dengan cara mendramatisasi tingkah laku atau ungkapan gerak gerik wajah seseorang dalam hubungan social antara manusia.. Berdasarkan paparan diatas dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu 1) Bagaimanakah proses penerapan metode sosiodrama yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sempusari 01 tahun pelajaran 20112012? Dan 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sempusari 01 tahun pelajaran 2011-2012 setelah diterapkan metode sosiodrama? Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan proses penerapan metode sosiodrama yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sempusari 01 tahun pelajaran 2011/2012. Meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sempusari 01 tahun pelajaran 2011-2012 setelah diterapkan metode sosiodrama. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 12-21 Januari 2012 di SDN Sempusari 01 Kecamatan Kaliwates dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) penerapan metode sosiodrama yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sempusari 01 tahun pelajaran 2011-2012 yaitu metode sosiodrama yang dilakukan dengan membagi siswa ke dalam dua ruang agar kelompok yang memerankan drama tidak terganggu oleh teman yang lain dan metode sosiodrama yang dilengkapi dengan alat penunjang dalam drama yang membuat siswa senang dalam memerankan drama sehingga hasil belajar siswa meningkat, 2) peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sempusari 01 tahun pelajaran 20112012 setelah diterapkan metode sosiodrama mengalami peningkatan secara klasikal dan juga secara perorangan di SDN Sempuari 01. Pada siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 51% , siklus II mencapai 89 % . Saran bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pengembangan untuk penelitian lebih lanjut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseriesTri Asminingsih;
dc.subjectKEMAMPUAN BERBICARA, METODE SOSIODRAMAen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS V SDN SEMPUSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record