PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS V SDN SEMPUSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang menunjukkan
kurangnya kemampuan siswa kelas V SDN Sempusari 01 Kecamatan Kaliwates
dalam kemampuan berbicara. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang
digunakan guru hanya ceramah dan kurang memotivasi siswa untuk semangat
belajar. Lafal dan intonasi siswa SDN Sempusari 01 cenderung terikat dengan
dialeg sekitar. Kemampuan berbicara sangat berguna bagi siswa. Oleh karena itu
dipilih metode Sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Sosiodrama adalah semacam sandiwara atau dramatisasi tanpa skrip (bahan
tertulis ), tanpa latihan terlebih dahulu, tanpa menyuruh anak menghafalkan
sesuatu. Metode sosiodrama merupakan metode mengajar dengan cara
mendramatisasi tingkah laku atau ungkapan gerak gerik wajah seseorang dalam
hubungan social antara manusia..
Berdasarkan paparan diatas dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu 1)
Bagaimanakah proses penerapan metode sosiodrama yang dapat meningkatkan
kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sempusari 01 tahun pelajaran 20112012?
Dan 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas V
SDN Sempusari 01 tahun pelajaran 2011-2012 setelah diterapkan metode
sosiodrama?
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan proses penerapan
metode sosiodrama yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas
V SDN Sempusari 01 tahun pelajaran 2011/2012. Meningkatkan kemampuan
berbicara siswa kelas V SDN Sempusari 01 tahun pelajaran 2011-2012 setelah
diterapkan metode sosiodrama.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Pengambilan data dilakukan pada tanggal 12-21 Januari 2012 di SDN Sempusari
01 Kecamatan Kaliwates dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) penerapan metode
sosiodrama yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN
Sempusari 01 tahun pelajaran 2011-2012 yaitu metode sosiodrama yang
dilakukan dengan membagi siswa ke dalam dua ruang agar kelompok yang
memerankan drama tidak terganggu oleh teman yang lain dan metode sosiodrama
yang dilengkapi dengan alat penunjang dalam drama yang membuat siswa senang
dalam memerankan drama sehingga hasil belajar siswa meningkat, 2) peningkatan
kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sempusari 01 tahun pelajaran 20112012
setelah diterapkan metode sosiodrama mengalami peningkatan secara
klasikal dan juga secara perorangan di SDN Sempuari 01. Pada siklus I diperoleh
persentase secara klasikal sebesar 51% , siklus II mencapai 89 % .
Saran bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat menjadi bahan
pengembangan untuk penelitian lebih lanjut.