• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERINTEGRASI GAME THE BANNA PADA POKOK MATERI EKOSISTEM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA BIOLOGI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Retno Dwi Purwaningsih - 130210103076.pdf sdh.pdf (3.428Mb)
    Date
    2017-11-07
    Author
    Purwaningsih, Retno Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum 2013 mengalami perubahan yaitu menjadi kurikulum 2013 edisi revisi 2016. Semua elemen pendidikan terutama guru harus menyesuaikan perangkat pembelajaran yang digunakan. Beberapa guru banyak yang kurang memperhatikan perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu meliputi silabus, RPP, Buku Ajar, LKS, dan media pembelajaran. Pembelajaran IPA yang seharusnya kontekstual masih belum dilakukan oleh guru yaitu dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar. Perencanaan pembelajaran yang kurang melalui perangkat pembelajaran akan menyebabkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa rendah. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat melalui penggunaan media pembelajaran berupa Game edukasi. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran kontekstual terintegrasi game edukasi yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil produk pengembangan perangkat pembelajaran kontekstual terintegrasi Game The Banna berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif serta mengetahui pengaruh penerapan perangkat pembelajaran kontekstual terintegrasi Game The Banna terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa SMPN 1 Asembagus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilanjutkan dengan kegiatan kuasi eksperimen. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran kontekstual terintegrasi Game The Banna. Game The Banna yang dikembangkan merupakan game yang memuat konten Taman Nasional Baluran, sehingga selain belajar siswa juga diajak bermain melalui Game edukasi. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah ASSURE. Tahapan pengembangan model ASSURE terdiri atas kepanjangan huruf dari kata tersebut yaitu Analyze Learners, States Objectives, Select Methods, Media, and Material, Utilize Media and materials, Require Learner Participation dan Evaluate and Revise. Kegiatan Analyze Learners merupakan kegiatan analisis kebutuhan siswa yang dilakukan dengan melakukan kegiatan observasi awal ke sekolah dan melakukan wawancara terhadap guru IPA di sekolah yang dijadikan sebagai objek tempat penelitian yaitu di SMPN 1 Asembagus. Tahapan State Standards and Objectives adalah menetapkan tujuan pembelajaran yang bersifat spesifik. Tahapan Select Strategies, Tecnology, Media, and Materials dengan melakukan penelitian pengembangan dengan membuat produk berupa perangkat pembelajaran kontekstual terintegrasi Game The Banna. Penelitian pengembangan ini dengan menetapkan pemilihan strategi, teknologi, media dan bahan ajar. Tahapan Utilize Technology,
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83106
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository