IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS (Trends International Matematics and Science Study) DOMAIN KOGNITIF REASONING
Abstract
Dari hasil penelitian identifikasi kesalahan siswa Sekolah Menengah
Pertama dalam menyelesaikan soal TIMSS domain kognitif penalaran didapatkan
kesimpulan bahwa jenis-jenis kesalahan berdasarkan pendapat dari Prevost dan
Lemons (2016) pada domain general errors terbagi atas 4 tipe jenis kesalahan
yaitu: Kesalahan contradicting, Kesalahan disregarding evidence, Kesalahan
misreading, dan Kesalahan opinion-based judgment. Rata-rata kesalahan tertinggi
yang dilakukan oleh siswa pada kesalahan misreading sebayak 45,75% tentang
kesalahan terlalu cepat dalam membaca dan memilih jawaban yang salah.
Sedangkan untuk rata-rata jenis kesalahan terendah dilakukan oleh siswa pada tipe
kesalahan kesalahan disregarading evidence 5,2%; yaitu siswa tidak
menggunakan beberapa atau semua data yang tersedia dalam masalah.