• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THREE STAGE FLASBOWL DECISION PADA SISWA KELAS IX B MTS SATU ATAP BALUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Mariana Afnany_1_15.pdf (428.8Kb)
    Date
    2013-08-23
    Author
    Mariana Afnany
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Three Stage Flasbowl Decision pada Siswa Kelas IX B MTs Satu Atap Balung Jember tahun pelajaran 2011/2012; Mariana Afnany, 060210102303; 2011/2012: 147 halaman; Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pembelajaran fisika saat ini masih sering mengalami kendala. Hal ini dibuktikan berdasarkan observasi hasil belajar mata pelajaran fisika kelas IX B MTs Satu Atap Balung Jember masih belum mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil observasi rata-rata ketuntasan hasil belajar fisika kelas IX B mata pelajaran fisika tahun ajaran 2011/2012 hanya mencapai 54%. Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa di kelas disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: guru fisika di kelas IX-B hanya melakukan pembelajaran konvensional saja atau bersifat teacher center sehingga pada praktiknya ada siswa yang pasif dan aktif. Siswa yang aktif dalam keseharian di kelas adalah siswa yang pandai sedangkan siswa yang pasif seharusnya mendapat perhatian yang lebih dari guru maka siswa di kelas IX-B memiliki pemahaman yang sama tentang konsep fisika yang diajarkan guru dikelas serta buku yang dimiliki oleh siswa masih terbatas. Factor yang menjadi sorotan adalah guru tidak berani untuk mengajak siswa belajar secara diskusi. Hal ini dilakukan karena guru beranggapan bahwa siswa belum mempunyai kemampuan untuk berdiskusi. Untuk itu, diperlukan perbaikan pola pembelajaran dari guru maupun siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Three Stage Flasbowl Decision untuk meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa Kelas IX B MTs Satu Atap Balung Jember. Strategi Three Stage Flasbowl Decision yaitu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa, dan dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh pembelajaran pada berbagai mata pelajaran, khususnya pencapaian tujuan yaitu meliputi aspek kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuan menganalisa masalah, kemampuan menuliskan pendapat-pendapatnya (kelompoknya) setelah melakukan pengamatan, kemampuan menyimpulkan, dan lain-lain. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan pada prasiklus telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 3 orang yang aktif selama proses belajar – mengajar di kelas. Sedangkan pada pelaksanaan siklus sebanyak 6-8 orang yang aktif selama proses belajar – mengajar di kelas. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa aktivitas belajar siswa pada prasiklus dan siklus secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya tindakan adalah sebesar 57,14%, pada pembelajaran siklus 1 dan siklus 2 sebesar 71,43 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada prasiklus dan siklus secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan strategi Three Stage Flasbowl Decision pada siswa Kelas IX B MTs Satu Atap Balung Jember mengalami peningkatan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar fisika siswa dari 3 orang yang aktif menjadi 6-8 orang yang aktif. (2) Ketuntasan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan strategi Three Stage Flasbowl Decision pada siswa Kelas IX B MTs Satu Atap Balung Jember mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 71,43 % dalam kategori tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/830
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository