Show simple item record

dc.contributor.advisorSuratno
dc.contributor.advisorPujiastuti.
dc.contributor.authorSari, Novia Nanda
dc.date.accessioned2017-11-06T01:37:51Z
dc.date.available2017-11-06T01:37:51Z
dc.date.issued2017-11-06
dc.identifier.nimNIM. 130210103032
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82999
dc.description.abstractPentingnya kemampuan pemecahan masalah pada siswa yaitu dapat menjadi salah satu tolok ukur kualitas seseorang di zaman modern ini. Karena pemecahan masalah bergunai untuk pembelajaran di abad 21 yang lebih baik. Guru dapat mempersiapkan siswa untuk memiliki kemampuan berfikir kritis, kreatif dan dapat memecahkan masalah . Pemecahan masalah dalam konteks pembelajaran sains telah menjadi tema utama dalam penelitian. Selain itu, aktivitas pemecahan masalah membantu siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan baru dan memfasilitasi pembelajaran sains. Pelajaran IPA (Biologi) sangat berkaitan dengan masalah yang ada di dalam pelajaran tersebut khususnya permasalahan yang dapat terjadi pada siswa sehari-hari. Sehingga kemampuan pemecahan masalah pada siswa sangat di butuhkan dalam menyelesaikan permasalahan yang didapatkan oleh siswa. Secara umum kemampuan pemecahan masalah pada siswa jarang diukur secara lebih detail oleh guru. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran Problem Based Learning. Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang penyampaiannya dilakukan dengan cara menyajikan suatu permasalahan, mengajukan pertanyaanpertanyaan, memfasilitasi penyelidikan, dan membuka dialog. Suatu kegiatan belajar mengajar diperlukan adanya suatu refleksi dan saran untuk membantu guru memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran agar dapat menciptakan suatu pembelajaran yang menarik. Peningktan kualitas guru untuk meningkatkan proses pembelajaran dapat dilakukan melalui adanya diskusi yang dilakukan secara kolaborasi oleh para guru sebelum pembelajaran dilakukan, dan refleksi serta evaluasi setelah pembelajaran agar mendapatkan kritik dan saran dari Obeserver untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Jelbuk Jember pada kelas VIIB (kelas eksperimen) dan VIIC (Kelas kontrol) tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian menggunakan teknik kuasi eksperimen. teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Keterampilan proses siswa dianalisis menggunakan uji statistik t-test. Hasil belajar kognitif siswa dianalisis menggunakan uji anakova.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR IPA- BIOLOGI SISWA ( Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Kelas VII)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record