• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR IPA- BIOLOGI SISWA ( Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Kelas VII)

    Thumbnail
    View/Open
    Novia Nanda Sari - 130210103032.pdf sdh.pdf (4.438Mb)
    Date
    2017-11-06
    Author
    Sari, Novia Nanda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pentingnya kemampuan pemecahan masalah pada siswa yaitu dapat menjadi salah satu tolok ukur kualitas seseorang di zaman modern ini. Karena pemecahan masalah bergunai untuk pembelajaran di abad 21 yang lebih baik. Guru dapat mempersiapkan siswa untuk memiliki kemampuan berfikir kritis, kreatif dan dapat memecahkan masalah . Pemecahan masalah dalam konteks pembelajaran sains telah menjadi tema utama dalam penelitian. Selain itu, aktivitas pemecahan masalah membantu siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan baru dan memfasilitasi pembelajaran sains. Pelajaran IPA (Biologi) sangat berkaitan dengan masalah yang ada di dalam pelajaran tersebut khususnya permasalahan yang dapat terjadi pada siswa sehari-hari. Sehingga kemampuan pemecahan masalah pada siswa sangat di butuhkan dalam menyelesaikan permasalahan yang didapatkan oleh siswa. Secara umum kemampuan pemecahan masalah pada siswa jarang diukur secara lebih detail oleh guru. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran Problem Based Learning. Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang penyampaiannya dilakukan dengan cara menyajikan suatu permasalahan, mengajukan pertanyaanpertanyaan, memfasilitasi penyelidikan, dan membuka dialog. Suatu kegiatan belajar mengajar diperlukan adanya suatu refleksi dan saran untuk membantu guru memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran agar dapat menciptakan suatu pembelajaran yang menarik. Peningktan kualitas guru untuk meningkatkan proses pembelajaran dapat dilakukan melalui adanya diskusi yang dilakukan secara kolaborasi oleh para guru sebelum pembelajaran dilakukan, dan refleksi serta evaluasi setelah pembelajaran agar mendapatkan kritik dan saran dari Obeserver untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Jelbuk Jember pada kelas VIIB (kelas eksperimen) dan VIIC (Kelas kontrol) tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian menggunakan teknik kuasi eksperimen. teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Keterampilan proses siswa dianalisis menggunakan uji statistik t-test. Hasil belajar kognitif siswa dianalisis menggunakan uji anakova.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82999
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository