Show simple item record

dc.contributor.authorSYAMSUDI PRIYANTO
dc.date.accessioned2013-12-12T01:35:54Z
dc.date.available2013-12-12T01:35:54Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM090210204158
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8297
dc.description.abstractAktivitas belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah metode mengajar guru yang kurang membangkitkan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan latar belakang masalah penelitian di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a. bagaimana penerapan Quantum Learning dengan teknik peta pikiran (Mind Mapping) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV pokok bahasan Semangat Kepahlawanan dan Cinta Tanah Air di SD Negeri Antirogo 02? b. bagaimana penerapan Quantum Learning dengan teknik peta pikiran (Mind Mapping) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan Semangat Kepahlawanan dan Cinta Tanah Air di SD Negeri Antirogo 02? Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan Quantum Learning melalui Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) pada mata pelajaran IPS. Penggunaan Quantum Learning dengan Teknik Peta Pikiran dalam penelitian ini adalah salah satu pembelajaran yang dapat memancing aktifitas dan hasil belajar siswa, karena pembelajaran tersebut siswa akan diajak belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan, sehingga siswa akan lebih bebas dalam menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya. Penelitian ini dilakukan di SDN Antirogo 02 Kecamatan Jember. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas IV dan guru kelas IV, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru kelas IV . Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan hasil belajar siswa menunjukan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 29 % dengan kriteria kurang sekali. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa langsung meningkat menjadi 3,6 dengan kriteria aktivitas belajar tinggi, dan hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 84 %. Pada siklus II, aktivitas dan hasil belajar siswa semakin meningkat dengan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 4,4 dengan kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Peningkatan tersebut searah dengan peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 97%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Antirogo 02 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 20112012. Saran yang diberikan adalah siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami tata cara perangkaian peta pikiran (Mind Mapping), mempresentasikan/membaca hasil peta pikiran (Mind Mapping) yang telah dibuatnya dan selalu siap dalam menerima materi pembelajaran,. Hal tesebut dimaksudkan agar siswa lebih memahami dan mampu melaksanakan Quantum Learning dengan teknik peta pikiran (Mind Mapping) dengan baik dan benar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204158;
dc.subjectSEMANGAT KEPAHLAWANAN , QUANTUM LEARNINGen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN SEMANGAT KEPAHLAWANAN DAN CINTA TANAH AIR MENGGUNAKAN QUANTUM LEARNING MELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) DI SDN ANTIROGO 02 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record