Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorRIZKITA, RAMAH FADJRIYAH
dc.date.accessioned2017-10-31T04:27:57Z
dc.date.available2017-10-31T04:27:57Z
dc.date.issued2017-10-31
dc.identifier.nim130210204126
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82930
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Baratan 01 Jember diketahui bahwa hasil belajar siswa rendah. Hal ini dikarenakan siswa hanya mengenal catatan tradisional sehingga siswa merasa malas untuk mencatat dan siswa kesulitan dalam memahami materi IPA. Salah satu strategi belajar untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan menggunakan strategi belajar Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana dengan strategi belajar Mind Mapping pada siswa kelas V SDN Baratan 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Baratan 01 Jember dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Baratan 01 Jember, dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan dengan kemampuan yang heterogen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian menurut Arikunto yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui penerapan strategi belajar Mind Mapping mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 63,2. Terdapat 19 siswa yang mendapat nilai < 68 dan 15 siswa yang mendapat nilai ≥ 68. Skor hasil belajar pada siklus I secara klasikal meningkat menjadi sebesar 71,2 termasuk dalam kategori baik, terdapat 21 siswa yang mendapat nilai ≥ 68 dan 13 siswa mendapat nilai < 68. Skor hasil belajar siswa secara klasikal semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 75,2. Terdapat 25 siswa yang mendapat nilai ≥ 68 dan 9 siswa yang mendapat nilai < 68. Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan strategi belajar Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pokok bahasan pesawat sederhana di SDN Baratan 01 Jember. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran menggunakan strategi belajar Mind Mapping dapat dijadikan pertimbangan strategi belajar yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar agar hasil belajar siswa semakin meningkat, serta hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya bagi peneliti lain.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMIND MAPPINGen_US
dc.subjectPESAWAT SEDERHANAen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI BELAJAR MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA KELAS V SDN BARATAN 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record