PENERAPAN STRATEGI BELAJAR MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA KELAS V SDN BARATAN 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN
Baratan 01 Jember diketahui bahwa hasil belajar siswa rendah. Hal ini
dikarenakan siswa hanya mengenal catatan tradisional sehingga siswa merasa
malas untuk mencatat dan siswa kesulitan dalam memahami materi IPA. Salah
satu strategi belajar untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan
menggunakan strategi belajar Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok
bahasan Pesawat Sederhana dengan strategi belajar Mind Mapping pada siswa
kelas V SDN Baratan 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Baratan 01 Jember dengan subjek
penelitian adalah siswa kelas V SDN Baratan 01 Jember, dengan jumlah 34 siswa
yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan dengan kemampuan
yang heterogen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian menurut Arikunto yang terdiri dari 4
fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi,
dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian
ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa
selama pembelajaran IPA melalui penerapan strategi belajar Mind Mapping
mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis skor rata-rata hasil belajar siswa
secara klasikal pada pra siklus sebesar 63,2. Terdapat 19 siswa yang mendapat
nilai < 68 dan 15 siswa yang mendapat nilai ≥ 68. Skor hasil belajar pada siklus I secara klasikal meningkat menjadi sebesar 71,2 termasuk dalam kategori baik,
terdapat 21 siswa yang mendapat nilai ≥ 68 dan 13 siswa mendapat nilai < 68.
Skor hasil belajar siswa secara klasikal semakin meningkat pada siklus II yaitu
sebesar 75,2. Terdapat 25 siswa yang mendapat nilai ≥ 68 dan 9 siswa yang
mendapat nilai < 68.
Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan strategi belajar Mind Mapping
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pokok bahasan pesawat sederhana
di SDN Baratan 01 Jember. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya
pembelajaran menggunakan strategi belajar Mind Mapping dapat dijadikan
pertimbangan strategi belajar yang akan digunakan dalam kegiatan belajar
mengajar agar hasil belajar siswa semakin meningkat, serta hasil penelitian ini
dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya bagi peneliti
lain.