• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM DI SDN GEBANG 03 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Nuril Harissiyah_1.pdf (1.001Mb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Siti Nuril Harissiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gebang 03 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional dan penggunaan alat peraga dan media jarang sekali digunakan. Selama ini siswa siswa terlihat pasif dalam mengikuti proses pembelajaran IPS. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah model pembelajaran PAKEM, sehingga rumusan masalah yang muncul adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi melalui model pembelajaran PAKEM di SDN Gebang 03 Jember semester genap tahun pelajaran 2011/2012?” Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi melalui model pembelajaran PAKEM di SDN Gebang 03 Jember. Pengambilan data dimulai pada tanggal 26 September 2011 sampai dengan 18 Januari 2012.Adapun subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IVA SDN Gebang 03 Kabupaten Jember sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM pada pokok bahasan kegiatan ekonomi berjalan dengan baik, serta dapat dikatakan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu siswa yang mendapat kategori sangat aktif sebanyak 36.67% bertambah menjadi 46.67% dengan selisih 10%, siswa yang mendapat kategori aktif sebanyak 40% bertambah menjadi 43.33% dengan selisih 3.33%, siswa yang mendapat kategori kurang aktif sebanyak 20% berkurang menjadi 10% dengan selisih -10% dan siswa yang mendapat kategori tidak aktif sebanyak 3.33% berkurang menjadi 0% dengan selisih -3.33%. Selain itu, hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gebang 03 Jember dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM pada pokok bahasan kegiatan ekonomi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu siswa yang mendapat nilai kategori sangat baik sebanyak 13.33% bertambah menjadi 26.67% dengan selisih 13.34%, siswa yang mendapat nilai kategori baik sebanyak 20% bertambah menjadi 30% dengan selisih 10%, siswa yang mendapat nilai kategori cukup baik sebanyak 46.67% berkurang menjadi 43.33% dengan selisih -3.34%, siswa yang mendapat nilai kategori kurang baik sebanyak 3.33% berkurang menjadi 0% dengan selisih 3.33% dan siswa yang mendapat nilai kategori sangat tidak baik sebanyak 16.67% berkurang menjadi 0%. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gebang 03 Jember semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Sehingga peneliti menyarankan kepada siswa, guru, pihak sekolah maupun peneliti lain untuk menerapkan model pembelajaran PAKEM dalam proses pembelajaran IPS sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8293
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository