PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM DI SDN GEBANG 03 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gebang 03 Jember Tahun
Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi
masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor
antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat
konvensional dan penggunaan alat peraga dan media jarang sekali digunakan.
Selama ini siswa siswa terlihat pasif dalam mengikuti proses pembelajaran IPS.
Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi
permasalahan tersebut adalah model pembelajaran PAKEM, sehingga rumusan
masalah yang muncul adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi
melalui model pembelajaran PAKEM di SDN Gebang 03 Jember semester genap
tahun pelajaran 2011/2012?”
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi melalui
model pembelajaran PAKEM di SDN Gebang 03 Jember. Pengambilan data
dimulai pada tanggal 26 September 2011 sampai dengan 18 Januari 2012.Adapun
subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IVA SDN Gebang 03 Kabupaten
Jember sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa
perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dan
jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara
dan tes.
Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan
model pembelajaran PAKEM pada pokok bahasan kegiatan ekonomi berjalan
dengan baik, serta dapat dikatakan meningkatkan aktivitas siswa dalam
pembelajaran. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke
siklus II yaitu siswa yang mendapat kategori sangat aktif sebanyak 36.67%
bertambah menjadi 46.67% dengan selisih 10%, siswa yang mendapat kategori
aktif sebanyak 40% bertambah menjadi 43.33% dengan selisih 3.33%, siswa yang
mendapat kategori kurang aktif sebanyak 20% berkurang menjadi 10% dengan
selisih -10% dan siswa yang mendapat kategori tidak aktif sebanyak 3.33%
berkurang menjadi 0% dengan selisih -3.33%. Selain itu, hasil belajar IPS siswa
kelas IV SDN Gebang 03 Jember dengan menerapkan model pembelajaran
PAKEM pada pokok bahasan kegiatan ekonomi mengalami peningkatan dari
siklus I ke siklus II yaitu siswa yang mendapat nilai kategori sangat baik
sebanyak 13.33% bertambah menjadi 26.67% dengan selisih 13.34%, siswa yang
mendapat nilai kategori baik sebanyak 20% bertambah menjadi 30% dengan
selisih 10%, siswa yang mendapat nilai kategori cukup baik sebanyak 46.67%
berkurang menjadi 43.33% dengan selisih -3.34%, siswa yang mendapat nilai
kategori kurang baik sebanyak 3.33% berkurang menjadi 0% dengan selisih 3.33%
dan
siswa
yang
mendapat
nilai
kategori
sangat
tidak
baik
sebanyak
16.67%
berkurang
menjadi
0%.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan
model pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan
ekonomi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN
Gebang 03 Jember semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Sehingga peneliti
menyarankan kepada siswa, guru, pihak sekolah maupun peneliti lain untuk
menerapkan model pembelajaran PAKEM dalam proses pembelajaran IPS
sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.