Show simple item record

dc.contributor.advisorKhutoba
dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.authorHAKIM, MOCHAMMAD LUKMANUL
dc.date.accessioned2017-10-30T07:10:46Z
dc.date.available2017-10-30T07:10:46Z
dc.date.issued2017-10-30
dc.identifier.nim130210205059
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82882
dc.description.abstractDalam pendidikan anak usia dini terdapat salah satu perkembanagan yang penting dan harus di maksimalkan, yakni perkembangan fisik (motorik). Pembelajaran fisik (motorik) merupakan pembelajaran dasar dalam koordinasi gerakan. Aspek pembelajaran motorik dalam pendidikan aspek yang berhubungan dengan tindakan yang ditampilkan siswa setelah menerima materi dari guru. Artinya, mereka bertindak sesuai dengan perasaan dampen getahuan mereka. Berdasarkan hasil observasi pada kelompok B di TK PGRI Arjuna Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember yang berjumlah 31 anak, diperoleh data kemampuan motorik halus yang bervariasi, untuk 20 anak atau sekitar 64,52% masih belum berkembangan dengan baik, sedangkan untuk 11 anak atau sekitar 35,48% kemampuan motorik halus sudah berkembangan dengan baik. Penyebab yang mendasari yaitu kegiatan pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga anak menjadi tidak fokus dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan kegiatan menganyam dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK PGRI Arjuna Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?; dan (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan menganyam huruf di TK PGRI Arjuna Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini dilakukan di TK PGRI Arjuna Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 31 anak, yang terbagi atas 13 anak laki-laki dan 18 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model penelitian Arikunto. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dantes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Proses penerapan media menganyam pita untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK PGRI Arjuna tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Hambatan yang dialami pada siklus I tindakan pertama yakni anak kurang terkondisi dikarenakan media yang guru pakai sebagai peraga kurang jelas dan terlalu kecil. Siklus I tindakan kedua guru mempraktekkan didepan dan siswa mengikuti namun sudah tanpa bantuan guru. Hambatan yang ada pada tindakan pertama diperbaiki dengan cara guru menggunakan peraga yang lebih besar dan jelas, sehingga anak lebih fokus mengikuti intruksi guru namun ada hambatan lain yakni anak mulai bosan dengan anyaman teknik tunggal. Berdasarkan hambatan yang ada pada siklus I maka guru melakukan tindakan perbaikan yakni dengan menggunakan media peraga yang lebih besar dan mempraktekkan teknik anyaman tunggal ganda yang membuat anak tidak bosan dan lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran. Peningkatan kemampuan motorikhalus anak kelompok B di TK PGRI Arjuna tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 55,04, siklus I tindakan pertama 59,88, siklus I tindakan kedua 66,73, dan siklus II meningkat menjadi 70,16. Saran yang dapat disampaikan yaitu, guru menggunakan media menganyam pita dalam proses pembelajaran motorik halus, kepala sekolah hendaknya menyarankan para guru untuk menggunakan media menganyam pita dalam pembelajaran peningkatan motorikhalus anak, dan untuk peneliti lain hendaknya menjadikan acuan dalam penelitian sejenis.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAKen_US
dc.subjectMEDIA MENGANYAM PITAen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B MELALUI MEDIA MENGANYAM PITA DI TK PGRI ARJUNA KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record