• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B MELALUI MEDIA MENGANYAM PITA DI TK PGRI ARJUNA KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    MOCHAMMAD LUKMANUL HAKIM_1.pdf (4.368Mb)
    Date
    2017-10-30
    Author
    HAKIM, MOCHAMMAD LUKMANUL
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam pendidikan anak usia dini terdapat salah satu perkembanagan yang penting dan harus di maksimalkan, yakni perkembangan fisik (motorik). Pembelajaran fisik (motorik) merupakan pembelajaran dasar dalam koordinasi gerakan. Aspek pembelajaran motorik dalam pendidikan aspek yang berhubungan dengan tindakan yang ditampilkan siswa setelah menerima materi dari guru. Artinya, mereka bertindak sesuai dengan perasaan dampen getahuan mereka. Berdasarkan hasil observasi pada kelompok B di TK PGRI Arjuna Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember yang berjumlah 31 anak, diperoleh data kemampuan motorik halus yang bervariasi, untuk 20 anak atau sekitar 64,52% masih belum berkembangan dengan baik, sedangkan untuk 11 anak atau sekitar 35,48% kemampuan motorik halus sudah berkembangan dengan baik. Penyebab yang mendasari yaitu kegiatan pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga anak menjadi tidak fokus dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan kegiatan menganyam dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK PGRI Arjuna Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?; dan (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan menganyam huruf di TK PGRI Arjuna Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini dilakukan di TK PGRI Arjuna Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 31 anak, yang terbagi atas 13 anak laki-laki dan 18 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model penelitian Arikunto. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dantes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Proses penerapan media menganyam pita untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK PGRI Arjuna tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Hambatan yang dialami pada siklus I tindakan pertama yakni anak kurang terkondisi dikarenakan media yang guru pakai sebagai peraga kurang jelas dan terlalu kecil. Siklus I tindakan kedua guru mempraktekkan didepan dan siswa mengikuti namun sudah tanpa bantuan guru. Hambatan yang ada pada tindakan pertama diperbaiki dengan cara guru menggunakan peraga yang lebih besar dan jelas, sehingga anak lebih fokus mengikuti intruksi guru namun ada hambatan lain yakni anak mulai bosan dengan anyaman teknik tunggal. Berdasarkan hambatan yang ada pada siklus I maka guru melakukan tindakan perbaikan yakni dengan menggunakan media peraga yang lebih besar dan mempraktekkan teknik anyaman tunggal ganda yang membuat anak tidak bosan dan lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran. Peningkatan kemampuan motorikhalus anak kelompok B di TK PGRI Arjuna tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 55,04, siklus I tindakan pertama 59,88, siklus I tindakan kedua 66,73, dan siklus II meningkat menjadi 70,16. Saran yang dapat disampaikan yaitu, guru menggunakan media menganyam pita dalam proses pembelajaran motorik halus, kepala sekolah hendaknya menyarankan para guru untuk menggunakan media menganyam pita dalam pembelajaran peningkatan motorikhalus anak, dan untuk peneliti lain hendaknya menjadikan acuan dalam penelitian sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82882
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository