Show simple item record

dc.contributor.authorSITI FITRIYATUL HASANAH
dc.date.accessioned2013-12-12T01:07:25Z
dc.date.available2013-12-12T01:07:25Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210204269
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8286
dc.description.abstractPembelajaran bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar memiliki tujuan untuk membimbing siswa agar mampu memfungsikan bahasa Indonesia dalam komunikasi dengan segala aspek dan sesuai dengan fungsinya. Pada dasarnya, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia mencakup empat aspek yakni : (1) menyimak, (2) berbicara, (3) membaca, (4) menulis (Depdiknas, 2006 : 23) Pembelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah pembelajaran keterampilan berbahasa, bukan pembelajaran tentang bahasa. Keterampilanketerampian berbahasa yang perlu ditekankan dalam pembelajaran berbahasa Indonesia adalah keterampilan reseptif (mendengar dan membaca) dan keterampilan produktif (menulis dan berbicara). Pembelajaran berbahasa diawali dengan pembelajaran keterampilan reseptif, sedangkan keterampilan produktif dapat turut tertingkatkan pada tahapan selanjutnya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pancakarya 02 Kecamatan Ajung Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Kondisi yang terjadi pada siswa kelas V bahwasannya hasil belajar Bahasa Indonesia yaitu membaca pemahaman masih rendah. Ketika proses pembelajaran Bahasa Indonesia siswa cenderung malas mengerjakan sendiri lebih suka mencontek atau mengerjakan asal tulis tanpa berpikir dan tidak memperdulikan kebenaran jawabannya, serta pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang berprestasi. Cara yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan model pembelajaran yang menyenangkan yaitu model pembelajaran CIRC. Model pembelajaran CIRC merupakan model pembelajaran khusus mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam rangka membaca dan menemukan ide pokok, pokok pikiran atau, tema sebuah wacana/kliping. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC yang dapat meningkatkan aktivitas siswa membandingkan isi dua teks siswa kelas V SDN Pancakarya 02 Jember ?, (2) Bagaimanakah hasil belajar membandingkan isi dua teks setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Pancakarya 02 Jember ?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC yang dapat meningkatkan aktivitas membandingkan isi dua teks siswa kelas V SDN Pancakarya 02 Jember, (2) mendeskripsikan hasil belajar membandingkan isi dua teks setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Pancakarya 02 Jember. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa tahap. Kegiatan diawali dengan studi pendahuluan dan merumuskan permasalahan. Selanjutnya melaksanakan tindakan, mengadakan pengamatan, dan merefleksi tindakan. Berdasarkan refleksi dan tindakan siklus 1 selanjutnya dibuat perencanaan tindakan-tindakan pada siklus berikutnya. Kegiatan pada siklus 2 adalah pelaksanaan tindakan berdasarkan pada siklus 1. Berdasarkan hasil penelitian antara lain: (1) penggunaan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan aktivitas belajar membandingkan isi dua teks siswa kelas V SDN Pancakarya 02 Ajung Jember tahun pelajaran 2011/2012, yaitu skor sebelum tindakan ketuntasan klasikal sebesar 52%, siklus I sebesar 62,5% , siklus II sebesar 70%. (2) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal sebelum tindakan dan pelaksanaan siklus. Sebelum tindakan ketuntasan klasikal sebesar 37,5%, siklus I sebesar 60%, siklus II sebesar 82,5%. Saran-saran yang dapat diberikan adalah : (1) bagi siswa, lebih banyak berlatih membaca buku cerita anak dan berusaha memahami isi ceritanya, serta berusaha lebih giat belajar untuk mengejar cita-cita, (2) bagi guru, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tidak semua materi dapat diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, sehingga dalam penerapannya perlu disesuaikan dengan materi yang diajarkan, (3) bagi peneliti lain, jika akan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC hendaknya perlu persiapan yang matang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204269;
dc.subjectKEMAMPUAN MEMBACA MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVEen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS V SDN PANCAKARYA 02 AJUNG-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record