PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS V SDN PANCAKARYA 02 AJUNG-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar memiliki tujuan untuk
membimbing siswa agar mampu memfungsikan bahasa Indonesia dalam komunikasi
dengan segala aspek dan sesuai dengan fungsinya. Pada dasarnya, ruang lingkup
pembelajaran bahasa Indonesia mencakup empat aspek yakni : (1) menyimak, (2)
berbicara, (3) membaca, (4) menulis (Depdiknas, 2006 : 23)
Pembelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah pembelajaran
keterampilan berbahasa, bukan pembelajaran tentang bahasa. Keterampilanketerampian
berbahasa yang perlu ditekankan dalam pembelajaran berbahasa
Indonesia adalah keterampilan reseptif (mendengar dan membaca) dan keterampilan
produktif (menulis dan berbicara). Pembelajaran berbahasa diawali dengan
pembelajaran keterampilan reseptif, sedangkan keterampilan produktif dapat turut
tertingkatkan pada tahapan selanjutnya.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pancakarya 02 Kecamatan Ajung Jember
Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Kondisi yang
terjadi pada siswa kelas V bahwasannya hasil belajar Bahasa Indonesia yaitu
membaca pemahaman masih rendah. Ketika proses pembelajaran Bahasa Indonesia
siswa cenderung malas mengerjakan sendiri lebih suka mencontek atau mengerjakan
asal tulis tanpa berpikir dan tidak memperdulikan kebenaran jawabannya, serta
pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang berprestasi. Cara yang digunakan
untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan model pembelajaran yang
menyenangkan yaitu model pembelajaran CIRC. Model pembelajaran CIRC
merupakan model pembelajaran khusus mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam
rangka membaca dan menemukan ide pokok, pokok pikiran atau, tema sebuah
wacana/kliping.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe CIRC yang dapat meningkatkan aktivitas siswa
membandingkan isi dua teks siswa kelas V SDN Pancakarya 02 Jember ?, (2)
Bagaimanakah hasil belajar membandingkan isi dua teks setelah diterapkan model
pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Pancakarya 02 Jember ?. Tujuan
penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe CIRC yang dapat meningkatkan aktivitas membandingkan isi dua teks siswa
kelas V SDN Pancakarya 02 Jember, (2) mendeskripsikan hasil belajar
membandingkan isi dua teks setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe
CIRC dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas V SDN Pancakarya 02 Jember.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan
Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang
bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar membaca pemahaman pada
mata pelajaran bahasa Indonesia. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam
beberapa tahap. Kegiatan diawali dengan studi pendahuluan dan merumuskan
permasalahan. Selanjutnya melaksanakan tindakan, mengadakan pengamatan, dan
merefleksi tindakan. Berdasarkan refleksi dan tindakan siklus 1 selanjutnya dibuat
perencanaan tindakan-tindakan pada siklus berikutnya. Kegiatan pada siklus 2 adalah
pelaksanaan tindakan berdasarkan pada siklus 1.
Berdasarkan hasil penelitian antara lain: (1) penggunaan model pembelajaran
CIRC dapat meningkatkan aktivitas belajar membandingkan isi dua teks siswa kelas
V SDN Pancakarya 02 Ajung Jember tahun pelajaran 2011/2012, yaitu skor sebelum
tindakan ketuntasan klasikal sebesar 52%, siklus I sebesar 62,5% , siklus II sebesar
70%. (2) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada
ketuntasan klasikal sebelum tindakan dan pelaksanaan siklus. Sebelum tindakan
ketuntasan klasikal sebesar 37,5%, siklus I sebesar 60%, siklus II sebesar 82,5%.
Saran-saran yang dapat diberikan adalah : (1) bagi siswa, lebih banyak berlatih
membaca buku cerita anak dan berusaha memahami isi ceritanya, serta berusaha lebih
giat belajar untuk mengejar cita-cita, (2) bagi guru, dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia tidak semua materi dapat diterapkan dengan model pembelajaran
kooperatif tipe CIRC, sehingga dalam penerapannya perlu disesuaikan dengan materi
yang diajarkan, (3) bagi peneliti lain, jika akan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe CIRC hendaknya perlu persiapan yang matang.