PEMODELAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN HASIL SELEKSI MASUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE GEE 2 DAN NATURAL SPLINE
Abstract
1. Prediktor jarak tempat tinggal siswa dan nilai tes Pemetaan memiliki kontribusi dan
berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa selama di SMA. Sedangkan
prediktor nilai Ujian Nasional (NUN SMP) tidak memiliki kontribusi secara linier
akan tetapi berkontribusi secara non linier terhadap prestasi belajar siswa selama di
SMA. Untuk penghasilan orang tua tidak memiliki kontribusi baik secara linier
maupun non linier terhadap prestasi belajar siswa selama di SMA.
2. Model terbaik Prestasi belajar siswa diperoleh dari struktur korelasi exchangeable
dengan p-value= 0, san.se= 0.036 dan estimasi = 0.355 dengan model sebagai
berikut :
Log Y 4,12 0,02 jarak 0,12 NUN 0,004 tes pemetaan 0,08 SMA 1 0,18 SMA 3.
Log Y = 4,12- 0,02X+0,004 X-0,08x SMA1+0,18x SMA1 +0,18x SMA3