Show simple item record

dc.contributor.advisorKhutobah
dc.contributor.advisorA. Lathif, Misno
dc.contributor.authorSUSANTI, DWI
dc.date.accessioned2017-10-27T03:41:55Z
dc.date.available2017-10-27T03:41:55Z
dc.date.issued2017-10-27
dc.identifier.nimNIM 130210205032
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82706
dc.description.abstractBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat diperoleh kesimpulan dalam penelitian tindakan kelas sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok A di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017 berikut kesimpulanya: 5.1.1 Pelaksanaan kegiatan membuat garis dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok A TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017 dilakukan melalui dua siklus. Pembelajaran siklus I kegiatan yang dilakukan yaitu bernyanyi “ABC”, memperkenalkan macam-macam garis, mendemonstrasikan menulis huruf a melalui kegiatan membuat garis lurus dan lengkung, mengajak anak untuk menulis di udara. Kegiatan selanjutnya dengan melakukan tes yaitu, tes lisan dan tes tulis. Tes lisan untuk menilai kemampuan mengenal simbol-simbol huruf menggunakan media amplop huruf sedangkan tes tulis berupa LKA yaitu untuk menilai kemampuan membuat coretan yang bemakna dengan menebalkan dan membuat segi empat, lingkaran dan bintang, untuk menilai kemampuan meniru huruf dengan mewarnai gambar apel kemudian membuat garis lurus dan lengkung pada huruf a dan menirukan huruf a di sampingnya. Kendala yang dialami pada siklus I yaitu anak sering terbalik menyebutkan huruf M dan n, masih belum hafal dengan huruf V, W, X, Y, dan Z, beberapa anak masih raguragu ketika menulis, tangan anak merasa lelah ketika digunakan terus menerus, dan guru harus memperhatikan arah jari ketika menulis di udara. Pembelajaran siklus II dilakukan untuk memperbaiki kekurangankekurangan pada siklus I, kegiatan yang dilakukan adalah bernyanyi “ABC” dengan menggunakan gambar abjad agar anak dapat membedakan huruf M dan N serta anak dapat menghafal huruf V, W, X dan Z, mendemonstrasikan menulis huruf S, K, T dan W melalui kegiatan membuat garis lurus, tegak, miring dan lengkung, anak diajak menulis di udara dengan guru memperhatikan arah jari tangan dan menanyakan pada anak garis apa saja yang ada pada huruf-huruf tersebut, mengajak anak maju kedepan untuk menulis di papan tulis agar anak lebih percaya diri dan tidak ragu-ragu ketika menulis, kemudian melakukan tes. Tes lisan untuk menilai kemampuan mengenal simbol-simbol huruf dengan menggunakan media kartu huruf sedangkan tes tulis berupa LKA yaitu untuk menilai kemampuan membuat coretan yang bermakna dengan menebalkan dan membuat garis, untuk menilai kemampuan meniru huruf dengan menebalkan huruf kemudian menirunya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAANen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A MELALUI KEGIATAN MEMBUAT GARIS DI TK KARTIKA IV-73 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record