• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A MELALUI KEGIATAN MEMBUAT GARIS DI TK KARTIKA IV-73 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    DWI SUSANTI 130210205032 a.pdf (2.652Mb)
    Date
    2017-10-27
    Author
    SUSANTI, DWI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat diperoleh kesimpulan dalam penelitian tindakan kelas sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok A di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017 berikut kesimpulanya: 5.1.1 Pelaksanaan kegiatan membuat garis dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok A TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017 dilakukan melalui dua siklus. Pembelajaran siklus I kegiatan yang dilakukan yaitu bernyanyi “ABC”, memperkenalkan macam-macam garis, mendemonstrasikan menulis huruf a melalui kegiatan membuat garis lurus dan lengkung, mengajak anak untuk menulis di udara. Kegiatan selanjutnya dengan melakukan tes yaitu, tes lisan dan tes tulis. Tes lisan untuk menilai kemampuan mengenal simbol-simbol huruf menggunakan media amplop huruf sedangkan tes tulis berupa LKA yaitu untuk menilai kemampuan membuat coretan yang bemakna dengan menebalkan dan membuat segi empat, lingkaran dan bintang, untuk menilai kemampuan meniru huruf dengan mewarnai gambar apel kemudian membuat garis lurus dan lengkung pada huruf a dan menirukan huruf a di sampingnya. Kendala yang dialami pada siklus I yaitu anak sering terbalik menyebutkan huruf M dan n, masih belum hafal dengan huruf V, W, X, Y, dan Z, beberapa anak masih raguragu ketika menulis, tangan anak merasa lelah ketika digunakan terus menerus, dan guru harus memperhatikan arah jari ketika menulis di udara. Pembelajaran siklus II dilakukan untuk memperbaiki kekurangankekurangan pada siklus I, kegiatan yang dilakukan adalah bernyanyi “ABC” dengan menggunakan gambar abjad agar anak dapat membedakan huruf M dan N serta anak dapat menghafal huruf V, W, X dan Z, mendemonstrasikan menulis huruf S, K, T dan W melalui kegiatan membuat garis lurus, tegak, miring dan lengkung, anak diajak menulis di udara dengan guru memperhatikan arah jari tangan dan menanyakan pada anak garis apa saja yang ada pada huruf-huruf tersebut, mengajak anak maju kedepan untuk menulis di papan tulis agar anak lebih percaya diri dan tidak ragu-ragu ketika menulis, kemudian melakukan tes. Tes lisan untuk menilai kemampuan mengenal simbol-simbol huruf dengan menggunakan media kartu huruf sedangkan tes tulis berupa LKA yaitu untuk menilai kemampuan membuat coretan yang bermakna dengan menebalkan dan membuat garis, untuk menilai kemampuan meniru huruf dengan menebalkan huruf kemudian menirunya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82706
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository