Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorMunawaroh, Siti Nurhidayatul
dc.date.accessioned2017-10-24T06:40:10Z
dc.date.available2017-10-24T06:40:10Z
dc.date.issued2017-10-24
dc.identifier.nimNIM130210204106
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82572
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN Kebonsari 03 Jember, menujukkan bahwa motivasi belajar siswa masih tergolong rendah khusunya pada mata pelajaran IPA. Rendahnya motivasi tersebut juga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA yang menunjukkan masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM atau <72. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember tahun ajaran 2016/2017 pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember tahun ajaran 2016/2017 pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 03 Jember. Subjek dalam penelitiann ini adalah siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 16 siswa lakilaki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana pada siklus 1 terdiri dari 4 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 3 kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes hasil belajar dan pembagian angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpul data pada penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember meningkat selama proses pembelajaran dengan penerapan model kooperatif tipe TGT. Skor motivasi klasikal/rata-rata pada siklus 1 adalah 73 yang termasuk dalam kategori tinggi, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 81. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2, dimana pada siklus 1 skor hasil belajar klasikal/rata-rata adalah 68,1 dan meningkat pada siklus 2 yakni sebesar 80,8 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Kesimpulam dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran koopetarif tipe Team Games Tournament dapat meningkatakan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya. Saran yang diberikan bagi peneliti lain berdasarkan hasil penelitian ini adalah, pada pembuatan kartu game tingkat kesulitan untuk kartu turnamen disamaratakan supaya tidak ada kartu yang tidak bisa terjawab, dan perbanyak soal latihan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210204106;
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.subjectTipe TGTen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas v Sdn Kebonsari 03 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record