Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas v Sdn Kebonsari 03 Jember
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN Kebonsari 03
Jember, menujukkan bahwa motivasi belajar siswa masih tergolong rendah
khusunya pada mata pelajaran IPA. Rendahnya motivasi tersebut juga berdampak
pada rendahnya hasil belajar IPA yang menunjukkan masih banyak siswa yang
memperoleh nilai dibawah KKM atau <72.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil
belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember tahun ajaran 2016/2017 pada
pokok bahasan sifat-sifat cahaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember
tahun ajaran 2016/2017 pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya melalui penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT).
Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 03 Jember.
Subjek dalam penelitiann ini adalah siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember
tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 16 siswa lakilaki
dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus,
dimana pada siklus 1 terdiri dari 4 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 3 kali
pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes hasil belajar dan pembagian
angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Setiap siklus terdiri dari empat
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode
pengumpul data pada penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa
kelas V SDN Kebonsari 03 Jember meningkat selama proses pembelajaran
dengan penerapan model kooperatif tipe TGT. Skor motivasi klasikal/rata-rata pada siklus 1 adalah 73 yang termasuk dalam kategori tinggi, kemudian pada
siklus 2 meningkat menjadi 81. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan
dari siklus 1 ke siklus 2, dimana pada siklus 1 skor hasil belajar klasikal/rata-rata
adalah 68,1 dan meningkat pada siklus 2 yakni sebesar 80,8 yang termasuk dalam
kategori sangat tinggi.
Kesimpulam dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
koopetarif tipe Team Games Tournament dapat meningkatakan motivasi dan hasil
belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember pada pokok bahasan sifat-sifat
cahaya. Saran yang diberikan bagi peneliti lain berdasarkan hasil penelitian ini
adalah, pada pembuatan kartu game tingkat kesulitan untuk kartu turnamen
disamaratakan supaya tidak ada kartu yang tidak bisa terjawab, dan perbanyak
soal latihan.