• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas v Sdn Kebonsari 03 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Nurhidayatul Munawaroh.pdf (5.377Mb)
    Date
    2017-10-24
    Author
    Munawaroh, Siti Nurhidayatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN Kebonsari 03 Jember, menujukkan bahwa motivasi belajar siswa masih tergolong rendah khusunya pada mata pelajaran IPA. Rendahnya motivasi tersebut juga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA yang menunjukkan masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM atau <72. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember tahun ajaran 2016/2017 pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember tahun ajaran 2016/2017 pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 03 Jember. Subjek dalam penelitiann ini adalah siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 16 siswa lakilaki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana pada siklus 1 terdiri dari 4 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 3 kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes hasil belajar dan pembagian angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpul data pada penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember meningkat selama proses pembelajaran dengan penerapan model kooperatif tipe TGT. Skor motivasi klasikal/rata-rata pada siklus 1 adalah 73 yang termasuk dalam kategori tinggi, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 81. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2, dimana pada siklus 1 skor hasil belajar klasikal/rata-rata adalah 68,1 dan meningkat pada siklus 2 yakni sebesar 80,8 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Kesimpulam dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran koopetarif tipe Team Games Tournament dapat meningkatakan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya. Saran yang diberikan bagi peneliti lain berdasarkan hasil penelitian ini adalah, pada pembuatan kartu game tingkat kesulitan untuk kartu turnamen disamaratakan supaya tidak ada kartu yang tidak bisa terjawab, dan perbanyak soal latihan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82572
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository