MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Abstract
Fisika dapat dipandang sebagai sebuah produk, proses, dan perubahan
sikap. Jika dipandang sebagai sebuah produk maka fisika merupakan sekumpulan
fakta, konsep, hukum/prinsip, rumus, dan teori yang harus dipelajari dan
dipahami. Jika ditinjau fisika sebagai suatu proses maka fisika berisi fenomena,
dugaan, hasil-hasil pengamatan, pengukuran, dan penelitian. Jika dilihat sebagai
suatu perubahan sikap, maka fisika akan berisi rasa ingin tahu, kepedulian,
tanggung jawab, kejujuran, keterbukaan, dan kerjasama. Umumnya mata
pelajaran fisika dianggap sulit oleh siswa di sekolah, dikarenakan banyak
menggunakan rumus dan beberapa konsep sehingga sulit dipahami. Dengan waktu
pembelajaran fisika yang lama sehingga membuat siswa kurang konsentrasi dan
membuat bosan.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak
tersebut adalah dengan menerapkan model, metode atau media penggunaan yang
tepat sehingga susasana dalam proses pembelajaran menjadi menyenangkan.
Model pembelajaran quantum teaching dengan media flash merupakan salah satu
model pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat aktif selama proses
pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengkaji perbedaan hasil belajar
fisika siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching dengan media flash
dengan model yang digunakan disekolah. 2) mendeskripsikan aktivitas belajar
fisika siswa melalui model Quantum Teaching dengan media flash.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di
SMAN 5 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah uji homogenitas,
dengan jumlah populasi kelas X sebanyak 4 kelas dan diambil 2 kelas sebagai
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian dengan cluster