Show simple item record

dc.contributor.advisorHENDRAWIJAYA, H.A.T.
dc.contributor.advisorIMSIYAH, Niswatul
dc.contributor.authorBAKI, Moch. Hadirul
dc.date.accessioned2017-10-23T10:56:08Z
dc.date.available2017-10-23T10:56:08Z
dc.date.issued2017-10-23
dc.identifier.nimNIM120210201054
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82523
dc.description.abstractMetode pembelajaran atau pelatihan pada dasarnya dapat diartikan sebagai cara-cara yang perlu dipilih dan digunakan untuk mengoptimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran, dengan kata lain metode pembelajaran merupakan serangkaian cara untuk mengoptimalkan proses dan hasil belajar peserta didik. Pemilihan metode pembelajaran didasarkan pada jenis program Pendidikan Luar Sekolah (PLS) yang akan diselenggarakan. Artinya pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan mempengaruhi hasil belajar peserta pelatihan. Selain itu juga ditentukan oleh komponen-komponen kondisi dan hasil pembelajaran yang telah ditetapkan. Berdasarkan studi pendahuluan maka rumusan masalah yang diajukan yaitu adakah hubungan antara metode mengajar tutor dengan hasil belajar peserta pelatihan rias pengantin Erna Jember tahun 2016? Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara metode mengajar tutor dengan hasil belajar peserta pelatihan rias pengantin Erna Jember tahun 2016. Manfaat teoritis dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara teoritis, sekurang-kurangnya dapat berguna sebagai sumbangan pemikiran bagi dunia pendidikan. Adapun manfaat praktis adalah sebagai bahan pertimbangan untuk penyelenggara atau pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan Rias Pengantin Erna dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta pelatihannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, dan responden yang berjumlah 30 orang yang diambil dengan menggunakan teknik populasi. Tempat penelitian di Lembaga Kursus dan Pelatihan Rias Pengantin Erna, Jl.Semeru VIII/No 9 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Penentuan daerah penelitian menggunakan metode purposive sampling, metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), dokumentasi, analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi Produck Moment yang dihitung secara manual dan menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat hubungan antara metode mengajar tutor dengan hasil belajar peserta pelatihan rias pengantin erna jember yaitu sebesar 0,664. Nilai ini lebih besar dari pada r tabel untuk N-30 dengan tingkat taraf kepercayaan 95% yaitu sebesar 0,361, sehingga hasil yang diperoleh signifikan yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Secara rinci ditemukan bahwa hubungan antara metode ceramah dengan kemampuan kognitif yaitu sebesar 0,593, hubungan antara metode ceramah dengan kemampuan psikomotorik yaitu sebesar 0,529, hubungan antara metode praktek dengan kemampuan kognitif yaitu sebesar 0,474, hubungan antara metode praktek dengan kemampuan psikomotorik yaitu sebesar 0,387. Berdasarkan rumus koefisien determinan, diketahui prosentase hubungan antara metode mengajar tutor dengan hasil belajar peserta pelatihan rias pengantin erna jember yaitu sebesar 44%. Sehingga bisa diartikan bahwa pengguna metode mengajar tutor memberikan sumbangsih atau kontribusi terhadap hasil belajar peserta pelatihan sebesar 44% sedangkan untuk 56% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan kata lain semakin tepat penggunaaan metode mengajar tutor maka semakin baik hasil belajar peserta pelatihan rias pengantin erna jember. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang tergolong tinggi antara metode mengajar tutor dengan hasil belajar peserta pelatihan rias pengantin Erna Jember. Menurut hasil penelitian, saran yang diberikan bagi peserta pelatihan rias pengantin erna, diharapkan untuk tidak menjadikan instruktur sebagai satu-satunya sumber belajar; Bagi instruktur pelatihan diharapkan untuk dapat memilih dan menggunakan metode pelatihan yang lebih tepat; Bagi lembaga kursus dan pelatihan rias pengantin Erna, diharapkan untuk dapat mempertahankan dan mengembangkan kualitas lembaga; Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melihat kelemahan-kelemahan yang ada dalam penelitian ini, sehingga dapat dijadikan acuan untuk memperbaiki kelemahankelemahan yang ada dan penelitian selanjutnya dapat lebih disempurnakan lagi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210201054 PROGRAM;
dc.subjectANTARA METODE MENGAJAR TUTOR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTAen_US
dc.subjectPELATIHAN RIAS PENGANTIN ERNAen_US
dc.subjectKECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2016en_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA METODE MENGAJAR TUTOR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN RIAS PENGANTIN ERNA KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record