Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYUNI, Sri
dc.contributor.advisorSUPRIADI, Bambang
dc.contributor.authorHASANAH, Iradatul
dc.date.accessioned2017-10-23T10:28:32Z
dc.date.available2017-10-23T10:28:32Z
dc.date.issued2017-10-23
dc.identifier.nim120210102125
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82517
dc.description.abstractBelajar fisika bukan hanya mencari jalan penyelesaian dari persamaan, tetapi juga belajar mendeskripsikan, belajar tentang suatu fenomena, dan memahami sistem fisika. Oleh karena itu siswa membutuhkan pengetahuan tentang apa yang diketahui dan tidak diketahui, bagaimana memecahkan masalah, membuat perencanaan pemecahan masalah, membuat tahap-tahap pemecahan masalah, memberi alasan mengapa melakukan pemecahan masalah dengan cara yang ditempuhnya, memonitor proses belajar dan kemajuannya ke arah tujuan saat melaksanakan rencana, serta mengevaluasi apa yang dilakukan. Aktivitas-aktivitas tersebut merupakan aktivitas metakognitif yang dapat dilatih pada siswa salah satunya melalui modul. Modul fisika berbasis metakognitif dapat melatihkan kemampuan metakognitif dan memahami materi sehingga siswa dapat belajar menjadi pebelajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) menghasilkan modul fisika (karakteristik gelombang) berbasis metakognitif yang valid, 2) mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa, 3) mendeskripsikan kemampuan metakonitif siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain pada penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D. Model 4-D terdiri dari 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun pada tahap penyebaran (disseminate) tidak dilaksanakan karena hanya sampai pada uji kelayakan /validitas. Penelitian dilaksanakan di MAN Bondowoso kelas XI IPA 1 pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling melalui analisis siswa dengan responden sebanyak 41 siswa. Sumber data dari penelitian ini adalaah lembar validasi, lembar post-test siswa, lembar pengematan observasi, dan angket kemampuan metakognitif siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dengan cara mendeskripsikan sesuai dengan kategori dari masing-masing sumber data yang didapatkan. Validitas modul fisika (karakteristik gelombang) berbasis metakognitif diperoleh skor sebesar 4,25 pada kajian instruksional dan pada kajian teknis diperoleh skor sebesar 4,29. Dengan demikian modul yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Melalui uji pengembangan hasil belajar siswa dapat diketahui tuntas secara classical dengan presentase 82,93 % dimana 34 dari 41 siswa memiliki kriteria sangat baik. Hasil dapat diperoleh dengan sangat baik tidak lepas dari modul fisika (karakteristik gelombang) berbasis metakognitif yang digunakan selama pembelajaran. Selanjutnya diketahui kemampuan metakognitif siswa berada pada kemampuan tinggi sebanyak 20 siswa dan kemampuan metakognitif sedang sejumlah 21 siswa. Siswa yang memiliki kemampuan metakognitif sedang termasuk pada tingkat aware use yaitu jenis berpikir yang menunjukan seseorang menyadari “apa” dan “kapan” dia melakukan sesuatu. Siswa menyadari segala sesuatu yang dilakukan dalam memecahkan masalah. Siswa yang memiliki kemampuan metakognitif tinggi berada pada tingkat strategic use yaitu jenis berpikir yang menunjukkan sesorang mengorganisasi pemikirannya dengan menyadari strategi-strategi khusus yang meningkatkan ketepatan berpikir. Namun tidak ada siswa yang memiliki kemampuan metakognitif rendah. Berdasarkan hasil dari analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah: 1) modul fisika (karakteristik gelombang) berbasis metakognitif yang dikembangkan valid secara instruksional dan teknis, 2) hasil belajar siswa tuntas secara classical, 3) kemampuan metakognitif selama proses pembelajaran dengan menggunakan modul fisika (karakteristik gelombang) berbasis metakognitif terdapat 20 siswa dengan kemampuan metakognitif kategori tinggi dan 21 siswa dengan kategori sedang.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210102125;
dc.subjectMODUL FISIKAen_US
dc.subjectKARAKTERISTIK GELOMBANGen_US
dc.subjectBERBASIS METAKOGNITIFen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN FISIKA di MAN BONDOWOSOen_US
dc.titlePengembangan Modul Fisika (Karakteristik Gelombang) Berbasis Metakognitif dalam Pembelajaran Fisika di MAN Bondowosoen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
dc.identifier.validatorTaufik_18Juli2023


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record