Show simple item record

dc.contributor.advisorSETIAWANI, Susi
dc.contributor.advisorFATAHILLAH, Arif
dc.contributor.authorFAUZIYAH, Faridah
dc.date.accessioned2017-10-23T10:17:18Z
dc.date.available2017-10-23T10:17:18Z
dc.date.issued2017-10-23
dc.identifier.nimNIM120210101018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82514
dc.description.abstractPembaharuan cara mengajar oleh guru sangat diperlukan agar proses belajar lebih menarik dan menyenangkan sehingga memotivasi dan menarik minat siswa untuk mengikuti pelajaran misalnya dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran ini akan menjadi sarana dan alat bantu pembelajaran yang lebih efektif dalam penyampaian materi dan efisien dalam penggunaan waktu dan tenaga. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dikelas adalah menggunakan adobe flash cs 3 professional. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar. Didasari dari permasalahan tersebut, maka akan dilakukan penelitian dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash CS 3 Professional pada Materi Trigonometri siswa SMK Kelas XI”. Penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan Alessi dan Trollip. Terdapat 10 tahapan yang dilakukan, yaitu (1) menentukan kebutuhan dan tujuan pengembangan media, (2) mengumpulkan referensi, (3) pendalaman materi, pada tahap ini dilakukan pengkajian lebih dalam materi dan soal yang telah dikumpulkan melalui tahapan sebelumnya. (4) perancangan awal, pada tahap ini dilakukan penentuan hal-hal yang akan disajikan dalam media setelah mempelajari referensi-referensi pada tahap sebelumnya. (5) perancangan dan pembuatan diagram alir (flow chart) media, (6) perancangan dan pembuatan struktur media, pada tahap ini dibuat struktur media utama yang menjadi peta konsep pengembangan media. (7) pembuatan story board media, pada tahap ini merupakan pembuatan rencana tampilan media yang akan dikembangkan. (8) pembuatan media, pada tahap ini dilakukan pembuatan media menggunakan Adobe flash CS 3 Profesional, (9) membuat bahan pendukung, pada tahap ini dibuat suatu website sebagai tempat untuk menaruh media yang telah dikembangkan. (10) evaluasi dan revisi media. Metode pengumpulan data dalam penilitian ini yaitu lembar validasi untuk mengetahui tingkat kevalidan media yang dinilai oleh ahli media dan ahli materi, dan angket siswa yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap media yang telah dikembangkan. Subyek ujicoba pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMKN 4 Jember sebanyak 25 orang. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan yang didapatkan yaitu nilai akhir validasi materi sebesar 87,5% dan nilai akhir validasi media sebesar 91,07% sehingga media ini dapat dikatakan sangat valid. Selain itu, media ini juga memiliki nilai kepraktisan sebesar 2,97 yang dapat dimasukkan dalam kategori cukup praktis, dan memiliki nilai keefektifan sebesar 72,4% yang masuk dalam kategori efektif. Sehingga media yang dikembangkan hanya membutuhkan sedikit revisi. Nilai respon siswa juga menunjukkan bahwa terdapat respon yang positif terhadap media yang telah dikembangkan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210101018;
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.subjectADOBE FLASH CS 3 PROFESSIONALen_US
dc.subjectMATERI TRIGONOMETRI SISWA SMK KELAS Xen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 3 PROFESSIONAL PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA SMK KELAS XIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record