PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 3 PROFESSIONAL PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA SMK KELAS XI
Abstract
Pembaharuan cara mengajar oleh guru sangat diperlukan agar proses belajar
lebih menarik dan menyenangkan sehingga memotivasi dan menarik minat siswa
untuk mengikuti pelajaran misalnya dengan menggunakan media pembelajaran.
Media pembelajaran ini akan menjadi sarana dan alat bantu pembelajaran yang lebih
efektif dalam penyampaian materi dan efisien dalam penggunaan waktu dan tenaga.
Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar
mengajar dikelas adalah menggunakan adobe flash cs 3 professional. Oleh karena itu,
perlu adanya pengembangan media pembelajaran untuk membantu guru dalam proses
belajar mengajar. Didasari dari permasalahan tersebut, maka akan dilakukan
penelitian dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe
Flash CS 3 Professional pada Materi Trigonometri siswa SMK Kelas XI”.
Penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan Alessi dan
Trollip. Terdapat 10 tahapan yang dilakukan, yaitu (1) menentukan kebutuhan dan
tujuan pengembangan media, (2) mengumpulkan referensi, (3) pendalaman materi,
pada tahap ini dilakukan pengkajian lebih dalam materi dan soal yang telah
dikumpulkan melalui tahapan sebelumnya. (4) perancangan awal, pada tahap ini
dilakukan penentuan hal-hal yang akan disajikan dalam media setelah mempelajari
referensi-referensi pada tahap sebelumnya. (5) perancangan dan pembuatan diagram
alir (flow chart) media, (6) perancangan dan pembuatan struktur media, pada tahap
ini dibuat struktur media utama yang menjadi peta konsep pengembangan media. (7)
pembuatan story board media, pada tahap ini merupakan pembuatan rencana
tampilan media yang akan dikembangkan. (8) pembuatan media, pada tahap ini
dilakukan pembuatan media menggunakan Adobe flash CS 3 Profesional, (9)
membuat bahan pendukung, pada tahap ini dibuat suatu website sebagai tempat untuk
menaruh media yang telah dikembangkan. (10) evaluasi dan revisi media.
Metode pengumpulan data dalam penilitian ini yaitu lembar validasi untuk
mengetahui tingkat kevalidan media yang dinilai oleh ahli media dan ahli materi, dan
angket siswa yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap media yang
telah dikembangkan. Subyek ujicoba pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI
Administrasi Perkantoran di SMKN 4 Jember sebanyak 25 orang.
Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan yang didapatkan yaitu nilai akhir
validasi materi sebesar 87,5% dan nilai akhir validasi media sebesar 91,07% sehingga
media ini dapat dikatakan sangat valid. Selain itu, media ini juga memiliki nilai
kepraktisan sebesar 2,97 yang dapat dimasukkan dalam kategori cukup praktis, dan
memiliki nilai keefektifan sebesar 72,4% yang masuk dalam kategori efektif.
Sehingga media yang dikembangkan hanya membutuhkan sedikit revisi. Nilai respon
siswa juga menunjukkan bahwa terdapat respon yang positif terhadap media yang
telah dikembangkan.