• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN PAKISAN 01 BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    DWI SAEPUTRI - 130210204088_.pdf (2.842Mb)
    Date
    2017-10-23
    Author
    SAEPUTRI, Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 guru mengalami kesulitan dalam menerapkan pendekatan saintifik jadi diharapkan guru untuk menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariasi, sehingga siswa menjadi lebih aktif, semangat dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Kenyataannya, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pakisan 01 Bondowoso masih belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena dalam proses pembelajaran tidak semua tahap pendekatan saintifik diterapkan. Model yang digunakan guru kurang bervariasi. Hal ini tentunya akan berdampak pada aktivitas belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalah diatas adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media puzzle. Rumusan masalah dalam penelitian ini “bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe TGT berbantuan media puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Pakisan 01 Bondowoso?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe TGT berbantuan media puzzle di SDN Pakisan 01 Bondowoso semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pakisan 01 Bondowoso dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran tema daerah tempat tinggalku melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe TGT berbantuan media puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Pakisan 01 Bondowoso terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe TGT berbantuan media puzzle mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis skor aktivitas siswa pra siklus sebesar 67,32 termasuk dalam kategori aktif meningkat pada siklus I sebesar 77,32 termasuk dalam kategori aktif meningkat lagi menjadi 82,85 termasuk dalam kategori sangat aktif pada siklus II. Artinya aktivitas belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 10, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 5,53. Skor hasil belajar siswa pada ranah kognitif secara klasikal pada pra siklus sebesar 68,92 termasuk dalam kategori sedang/cukup, penilaian pada ranah afektif dengan skor klasikal sebesar 65,18 termasuk dalam kategori sedang/cukup dan penilaian pada ranah psikomotorik sebesar 67,45 termasuk dalam kategori sedang/cukup. Skor hasil belajar pada siklus I ranah kognitif secara klasikal meningkat menjadi sebesar 78,57 termasuk dalam kategori baik, penilaian pada ranah afektif dengan skor klasikal sebesar 75,30 termasuk dalam kategori baik, dan penilaian pada ranah psikomotorik sebesar 77,64 termasuk dalam kategori baik. Skor hasil belajar siswa semakin meningkat pada siklus II yaitu, ranah kognitif klasikal sebesar 85,28 termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian pada ranah afektif dengan skor klasikal sebesar 83,92 termasuk dalam kategori baik. Dan penilaian pada ranah psikomotorik sebesar 84,96 termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV Tema Daerah Tempat Tinggalku di SDN Pakisan 01 Bondowoso.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82510
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository