• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PELAYANAN LAPORAN GANGGUAN KAMTIBMAS MELALUI “KENTONGAN ONLINE” POLRES JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Ahmadi Imam Muslim - 130910201026 _1.pdf (886.0Kb)
    Date
    2017-10-23
    Author
    Muslim, Ahmadi Imam
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kebutuhan keamanan (safety need) bagi masyarakat merupakan salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi setiap saat. Terjadinya gangguan kemanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) harus dapat dikendalikan dengan cepat dan tepat. Berdasarkan Undang-undang No. 2 tahun 2002, Kepolisian memiliki fungsi, salah satunya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas), sehingga pelayanan Kepolisian harus ditingkatkan agar dapat tercipta kondisi lingkungan yang aman dan kondusif. Selama ini ketika terjadi gangguan Kamtibmas, masyarakat harus datang langsung ke Kantor Polisi, pos polisi, ataupun Polisi patroli. Selain itu juga dapat melalui sambungan telepon. Namun pelayanan pelaporan adanya gangguan kamtibmas tersebut masih memiliki kekurangan, yang menghambat masyarakat dalam melaporkan adanya gangguan kamtibmas. Padahal gangguan kamtibmas harus segara ditangani agar tercipta kondisi lingkungan yang kondusif. Beberapa hal di atas menjadikan tantangan bagi kepolisian untuk terus melakukan perbaikan pelayanan. Di era modern saat ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi alternatif yang dapat digunakan untuk memediasi pelaksanaan pelayanan publik yang dikenal dengan konsep e-service. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Didasari dengan semangat “Promoter” (professional, modern, dan terpercaya), Polres Jember berhasil mengolaborasikan teknologi informasi dan komunikasi dengan budaya lokal (kentongan), yaitu layanan berbasis android “We Are Ready (WAR) Polres Jember/ Kentongan Online”
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82501
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5682]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository