ANALISIS WACANA GERAKAN SOSIAL BARU MAHASISWA: STUDI TENTANG GERAKAN PENDIDIKAN NONFORMAL OLEH SWAYANAKA DI JEMBER
Abstract
Pendidikan di Jember bisa dibilang masih memiliki kondisi yang
memprihatinkan dari berbagai aspek, baik dari aspek sumber daya manusianya,
sarana dan prasarananya, lingkungan, tingkat buta aksara yang masih tinggi, serta
kesadaran masyarakat akan pendidikan masih minim khususnya di daerah-daerah
yang berada di pelosok. Dari kondisi yang demikian, kemudian muncul berbagai
gerakan pendidikan yang berasal dari kalangan masyarakat salah satunya adalah
mahasiswa. Gerakan pendidikan ini bisa dikategorikan sebagai gerakan sosial
baru karena baik isu yang diangkat maupun aktor yang terlibat masuk dalam
kategori gerakan sosial baru. Gerakan sosial baru merupakan salah satu alternatif
yang bisa digunakan untuk memcahkan masalah yang terjadi, dalam hal ini adalah
permasalahan pendidikan yang ada di Jember. Gerakan sosial baru yang
dipelopori oleh mahasiswa-mahasiswa tersebut salah satunya adalah mahasiswa
yang tergabung dalam organisasi Swayanaka. Swayanaka merupakan suatu
organisasi yang dimotori oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan
maupun universitas. Kehadiran Swayanaka sedikit banyak mampu membawa
dampak yang positif terhadap pendidikan di Jember.