dc.description.abstract | Subjek Penelitian ini adalah anak kelompok A2 TK Terpadu Nailul
Maram Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah PTK
dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes.
Proses penerapan media pohon baca berbantuan gambar ini dilakukan 2
siklus pada kegiatan siklus I pembelajaran dimulai dengan pembukaan,
menjelaskan tentang tema dan sub tema yang akan dipelajari pada hari itu, setelah
itu guru menjelaskan tentang kegiatan di media pohon baca agar anak dapat
mengucapkan, menyebutkan dan menunjuk huruf dengan benar. Pada siklus I
beberapa anak belum mampu mengucapkan huruf dengan benar karena anak
bingung membedakan huruf dan beberapa anak kesulitan ketika menunjuk huruf,
sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II yaitu gambar dan tulisan yang
awalnya dipisah pada siklus II dijadikan satu dan guru dalam menjelaskan lebih
baik lagi dari siklus I agar anak tidak kesulitan dalam mengenal huruf.
Peningkatan kemampuan mengenal huruf anak kelompok A2 melalui
media pohon baca berbantuan gambar diketahui nilai rata-rata belajar anak pada
prasiklus 66,67 menjadi 73,61 pada siklus I dan 90,28% pada siklus II. Atas dasar
itu, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pohon baca berbantuan
gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok A2 di
TK Terpadu Nailul Maram.
Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan diatas saran yang diberikan
kepada guru adalah untuk menggunakan media pohon baca berbantuan gambar
agar anak dapat mengucapkan huruf dengan benar dan tidak bingung dalam
membedakan huruf maupun menunjuk huruf, sehingga kemampuan mengenal
huruf anak optimal. | en_US |