• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK A2 DALAM MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA POHON BACA BERBANTUAN GAMBAR DI TK TERPADU NAILUL MARAM KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Nurul Hariyanti - 130210205035_.pdf (1.871Mb)
    Date
    2017-10-20
    Author
    HARIYANTI, Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Subjek Penelitian ini adalah anak kelompok A2 TK Terpadu Nailul Maram Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Proses penerapan media pohon baca berbantuan gambar ini dilakukan 2 siklus pada kegiatan siklus I pembelajaran dimulai dengan pembukaan, menjelaskan tentang tema dan sub tema yang akan dipelajari pada hari itu, setelah itu guru menjelaskan tentang kegiatan di media pohon baca agar anak dapat mengucapkan, menyebutkan dan menunjuk huruf dengan benar. Pada siklus I beberapa anak belum mampu mengucapkan huruf dengan benar karena anak bingung membedakan huruf dan beberapa anak kesulitan ketika menunjuk huruf, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II yaitu gambar dan tulisan yang awalnya dipisah pada siklus II dijadikan satu dan guru dalam menjelaskan lebih baik lagi dari siklus I agar anak tidak kesulitan dalam mengenal huruf. Peningkatan kemampuan mengenal huruf anak kelompok A2 melalui media pohon baca berbantuan gambar diketahui nilai rata-rata belajar anak pada prasiklus 66,67 menjadi 73,61 pada siklus I dan 90,28% pada siklus II. Atas dasar itu, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pohon baca berbantuan gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok A2 di TK Terpadu Nailul Maram. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan diatas saran yang diberikan kepada guru adalah untuk menggunakan media pohon baca berbantuan gambar agar anak dapat mengucapkan huruf dengan benar dan tidak bingung dalam membedakan huruf maupun menunjuk huruf, sehingga kemampuan mengenal huruf anak optimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82369
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository