Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorKurniati, Dian
dc.contributor.authorAnggraini, Devi Dwi
dc.date.accessioned2017-10-20T01:40:09Z
dc.date.available2017-10-20T01:40:09Z
dc.date.issued2017-10-20
dc.identifier.nimNIM 130210101012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82364
dc.description.abstractPendidikan adalah suatu proses memperoleh pengetahuan dan keterampilan peserta didik supaya mampu berkembang, dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan untuk siswa bersaing di dunia. Pendidikan di Indonesia kususnya pendidikan matematika rendah jika dibandingkan dengan negara-negara maju di dunia. Oleh karena itu untuk menyiapkan tuntutan masa depan siswa agar dapat berkembang di dunia, maka harus dilakukan perubahan yang mendasar dalam pembelajaran matematika. Beberapa negara maju didunia telah menggunakan inovasi baru dari P21 yang terbukti hasil PISA dan TIMSS mereka jauh diatas Indonesia. Inovasi baru tersebut adalah indikator 4C’s yaitu critical thinking, communication, collaboration, dan creativity (P21. Org, 2016). Oleh karena itu 4C’s perlu dikembangkan di Indonesia terutama dalam pelajaran matematika. Penelitian ini mengembangkan indikator 4C’s yang selaras dengan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika kelas XII semester 1. Pada penelitian ini proses pengembangan indikator 4C’s mengacu pada pengembangan model plomp. Pengembangan indikator dilakukan dengan berdasarkan KD yang terdapat pada silabus kurikulum 2013 yang terbaru. Setiap KD harus memuat kemampuan 4C’s. Pembuatan indikator mengacu pada keterampilan P21. Masing-masing indikator kemudian diberi penjelasan tentang kegiatan pembelajaran agar lebih jelas maksud dari indikator yang dibuat. Selanjutnya membuat lembar validasi untuk menilai pencapaian indikator yang telah dikembangkan. Pada lembar validasi terdapat kriteria penilaian yang terdiri dari 7 kriteria penilaian. Dan untuk skala penilaiannya disusun dengan skala 1-4 dengan dilengkapi pedoman penskoran setiap skalanya (rubrik penilaian).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMATA PELAJARAN MATEMATIKAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN INDIKATOR 4C’s YANG SELARAS DENGAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA KELAS XII SEMESTER Ien_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record