• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN INDIKATOR 4C’s YANG SELARAS DENGAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA KELAS XII SEMESTER I

    Thumbnail
    View/Open
    Devi Dwi Anggraini 130210101012.pdf sdh.pdf (4.245Mb)
    Date
    2017-10-20
    Author
    Anggraini, Devi Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan adalah suatu proses memperoleh pengetahuan dan keterampilan peserta didik supaya mampu berkembang, dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan untuk siswa bersaing di dunia. Pendidikan di Indonesia kususnya pendidikan matematika rendah jika dibandingkan dengan negara-negara maju di dunia. Oleh karena itu untuk menyiapkan tuntutan masa depan siswa agar dapat berkembang di dunia, maka harus dilakukan perubahan yang mendasar dalam pembelajaran matematika. Beberapa negara maju didunia telah menggunakan inovasi baru dari P21 yang terbukti hasil PISA dan TIMSS mereka jauh diatas Indonesia. Inovasi baru tersebut adalah indikator 4C’s yaitu critical thinking, communication, collaboration, dan creativity (P21. Org, 2016). Oleh karena itu 4C’s perlu dikembangkan di Indonesia terutama dalam pelajaran matematika. Penelitian ini mengembangkan indikator 4C’s yang selaras dengan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika kelas XII semester 1. Pada penelitian ini proses pengembangan indikator 4C’s mengacu pada pengembangan model plomp. Pengembangan indikator dilakukan dengan berdasarkan KD yang terdapat pada silabus kurikulum 2013 yang terbaru. Setiap KD harus memuat kemampuan 4C’s. Pembuatan indikator mengacu pada keterampilan P21. Masing-masing indikator kemudian diberi penjelasan tentang kegiatan pembelajaran agar lebih jelas maksud dari indikator yang dibuat. Selanjutnya membuat lembar validasi untuk menilai pencapaian indikator yang telah dikembangkan. Pada lembar validasi terdapat kriteria penilaian yang terdiri dari 7 kriteria penilaian. Dan untuk skala penilaiannya disusun dengan skala 1-4 dengan dilengkapi pedoman penskoran setiap skalanya (rubrik penilaian).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82364
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository