PENGEMBANGAN INDIKATOR 4C’s YANG SELARAS DENGAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA KELAS XII SEMESTER I
Abstract
Pendidikan adalah suatu proses memperoleh pengetahuan dan
keterampilan peserta didik supaya mampu berkembang, dan dengan demikian
akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan untuk siswa
bersaing di dunia. Pendidikan di Indonesia kususnya pendidikan matematika
rendah jika dibandingkan dengan negara-negara maju di dunia. Oleh karena itu
untuk menyiapkan tuntutan masa depan siswa agar dapat berkembang di dunia,
maka harus dilakukan perubahan yang mendasar dalam pembelajaran matematika.
Beberapa negara maju didunia telah menggunakan inovasi baru dari P21
yang terbukti hasil PISA dan TIMSS mereka jauh diatas Indonesia. Inovasi baru
tersebut adalah indikator 4C’s yaitu critical thinking, communication,
collaboration, dan creativity (P21. Org, 2016). Oleh karena itu 4C’s perlu
dikembangkan di Indonesia terutama dalam pelajaran matematika. Penelitian ini
mengembangkan indikator 4C’s yang selaras dengan Kurikulum 2013 pada mata
pelajaran matematika kelas XII semester 1.
Pada penelitian ini proses pengembangan indikator 4C’s mengacu pada
pengembangan model plomp. Pengembangan indikator dilakukan dengan
berdasarkan KD yang terdapat pada silabus kurikulum 2013 yang terbaru. Setiap
KD harus memuat kemampuan 4C’s. Pembuatan indikator mengacu pada
keterampilan P21. Masing-masing indikator kemudian diberi penjelasan tentang
kegiatan pembelajaran agar lebih jelas maksud dari indikator yang dibuat.
Selanjutnya membuat lembar validasi untuk menilai pencapaian indikator
yang telah dikembangkan. Pada lembar validasi terdapat kriteria penilaian yang
terdiri dari 7 kriteria penilaian. Dan untuk skala penilaiannya disusun dengan
skala 1-4 dengan dilengkapi pedoman penskoran setiap skalanya (rubrik
penilaian).