• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN INDIKATOR 4C’s YANG SELARAS DENGAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 2

    Thumbnail
    View/Open
    Debby Octaerdiyani 130210101096.pdf sdh.pdf (14.63Mb)
    Date
    2017-10-20
    Author
    Octaerdiyani, Debby
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan pendidikan nasional berdasarkan UUSPN No. 20 tahun 2003 ialah sekolah adalah pusat pembudayaan pendidikan dan pendidikan yang dilaksanakan adalah proses mengembangkan kemampuan nilai dan sikap yang relevan dengan tujuan pembangunan Negara kebangsaan Indonesia. Penerapan kurikulum seharusnya mampu untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan pendidikan nasional secara bertahap tetapi dalam kenyataannya seringkali menemui banyak permasalahan dan tantangan, sehingga yang terjadi tidak sesuai harapan. Hal ini menegaskan bahwa kurikulum bersifat dinamis dan harus selalu diperbarui, agar mampu mengikuti perkembangan dan tantangan jaman. Hal tersebut sesuai dengan visi misi Partnership for 21th century learning (P21) yang menyatakan bahwa perubahan didunia pendidikan harus terus dilakukan sehingga semua peserta didik memperoleh pengetahuan dan ketrampilan yang mereka butuhkan untuk berkembang di dunia (P21.org, 2016). Hasil studi TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) dan PISA (Programme for International Student Assessment), survei internasional tentang prestasi matematika dan sains siswa SMP, memperlihatkan bahwa skor yang diraih peserta didik Indonesia masih di bawah skor rata-rata internasional. Dari kedua hasil studi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi peserta didik Indonesia tertinggal dan terbelakang. Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perilaku siswa yang terukur mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan maka dari itu pengembangan indikator yang baik akan mengukur kompetensi dasar dan standar kompetensi yang dikehendaki oleh kurikukulum di sekolah. Terdapat salah satu inovasi dalam pembelajaran matematika yang dilakukan oleh P21 yang dapat dijadikan acuan oleh pemerintah dalam mengembangkan indikator, yaitu critical thinking, communication, collaboration, dan creativity atau disebut 4C’s (P21.org, 2016). Belajar matematika sangatlah penting dalam aspek kehidupan, karena banyak permasalahan dan kegiatan dalam kehidupan yang harus diselesaikan dengan menggunakan ilmu matematika. Oleh karena itu indikator 4C’s perlu dikembangkan di Indonesia terutama dalam pelajaran matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82357
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository