PENGEMBANGAN INDIKATOR 4C’s YANG SELARAS DENGAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 2
Abstract
Tujuan pendidikan nasional berdasarkan UUSPN No. 20 tahun 2003 ialah
sekolah adalah pusat pembudayaan pendidikan dan pendidikan yang dilaksanakan
adalah proses mengembangkan kemampuan nilai dan sikap yang relevan dengan
tujuan pembangunan Negara kebangsaan Indonesia. Penerapan kurikulum
seharusnya mampu untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan pendidikan nasional
secara bertahap tetapi dalam kenyataannya seringkali menemui banyak
permasalahan dan tantangan, sehingga yang terjadi tidak sesuai harapan. Hal ini
menegaskan bahwa kurikulum bersifat dinamis dan harus selalu diperbarui, agar
mampu mengikuti perkembangan dan tantangan jaman. Hal tersebut sesuai dengan
visi misi Partnership for 21th century learning (P21) yang menyatakan bahwa
perubahan didunia pendidikan harus terus dilakukan sehingga semua peserta didik
memperoleh pengetahuan dan ketrampilan yang mereka butuhkan untuk
berkembang di dunia (P21.org, 2016). Hasil studi TIMSS (Trends in International
Mathematics and Science Study) dan PISA (Programme for International Student
Assessment), survei internasional tentang prestasi matematika dan sains siswa SMP,
memperlihatkan bahwa skor yang diraih peserta didik Indonesia masih di bawah
skor rata-rata internasional. Dari kedua hasil studi tersebut dapat ditarik kesimpulan
bahwa prestasi peserta didik Indonesia tertinggal dan terbelakang. Indikator
merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perilaku siswa
yang terukur mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan maka dari itu
pengembangan indikator yang baik akan mengukur kompetensi dasar dan standar
kompetensi yang dikehendaki oleh kurikukulum di sekolah. Terdapat salah satu
inovasi dalam pembelajaran matematika yang dilakukan oleh P21 yang dapat
dijadikan acuan oleh pemerintah dalam mengembangkan indikator, yaitu critical
thinking, communication, collaboration, dan creativity atau disebut 4C’s (P21.org,
2016). Belajar matematika sangatlah penting dalam aspek kehidupan, karena
banyak permasalahan dan kegiatan dalam kehidupan yang harus diselesaikan
dengan menggunakan ilmu matematika. Oleh karena itu indikator 4C’s perlu
dikembangkan di Indonesia terutama dalam pelajaran matematika.