• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TINDAK DIREKTIF GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBIMBINGAN TATA TERTIB DI SMP NEGERI 2 SITUBONDO

    Thumbnail
    View/Open
    Ivan Aditya Dharmawan - 130210402015_.pdf (1.581Mb)
    Date
    2017-10-19
    Author
    DHARMAWAN, Ivan Aditya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif evaluatif. Data dalam penelitian ini berupa segmen-segmen tutur beserta konteksnya yang diindikasikan memuat tindak direktif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, simak catat, rekam, transkipsi data. Proses analisis data dalam penelitian ini terdiri atas: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak direktif guru bimbingan konseling dalam pembimbingan tata tertib di SMP Negeri 2 situbondo meliputi jenis: (1) requesitif, (2) quesitif, (3) requirement, (4) prohibitif, (5) permisif, dan (6) advisioris. Selanjutnya perlokusi yang ditimbulkan dari tindak direktif yang digunakan guru bimbingan konseling antara lain, menjawab, tidak menjawab, menjawab takut. Terkait dengan hasil penelitian ini, disarankan mahasiswa pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk membaca temuan dalam penelitian ini sebagai bahan diskusi dalam perkuliahan pragmatik khususnya mengenai jenis-jenis tindak direktif. Bagi guru bahasa Indonesia hasil penelitian ini disarankan untuk dijadikan sebagai referensi pengembangan materi pembelajaran bahasa Indonesia SMP kelas VIII semester 1, yaitu dengan standar kompetensi mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan dan kompetensi dasar berwawancara dengan nara sumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan ertika berbicara. Peneliti selanjutnya yang sebidang ilmu, disarankan untuk mengadakan penelitian yang sejenis yaitu tentang tindak tutur dengan mengembangkan aspek-aspek lain yang tidak terjangkau oleh peneliti, misalnya modus, maksim kesopanan, dan fungsi tindak tutur.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82328
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository