TINDAK DIREKTIF GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBIMBINGAN TATA TERTIB DI SMP NEGERI 2 SITUBONDO
Abstract
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif evaluatif. Data dalam penelitian ini berupa segmen-segmen tutur
beserta konteksnya yang diindikasikan memuat tindak direktif. Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, simak catat, rekam, transkipsi
data. Proses analisis data dalam penelitian ini terdiri atas: 1) reduksi data, 2)
penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak direktif guru bimbingan
konseling dalam pembimbingan tata tertib di SMP Negeri 2 situbondo meliputi jenis:
(1) requesitif, (2) quesitif, (3) requirement, (4) prohibitif, (5) permisif, dan (6)
advisioris. Selanjutnya perlokusi yang ditimbulkan dari tindak direktif yang
digunakan guru bimbingan konseling antara lain, menjawab, tidak menjawab,
menjawab takut.
Terkait dengan hasil penelitian ini, disarankan mahasiswa pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia untuk membaca temuan dalam penelitian ini sebagai bahan
diskusi dalam perkuliahan pragmatik khususnya mengenai jenis-jenis tindak direktif.
Bagi guru bahasa Indonesia hasil penelitian ini disarankan untuk dijadikan sebagai
referensi pengembangan materi pembelajaran bahasa Indonesia SMP kelas VIII
semester 1, yaitu dengan standar kompetensi mengungkapkan berbagai informasi
melalui wawancara dan presentasi laporan dan kompetensi dasar berwawancara
dengan nara sumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan ertika berbicara.
Peneliti selanjutnya yang sebidang ilmu, disarankan untuk mengadakan penelitian
yang sejenis yaitu tentang tindak tutur dengan mengembangkan aspek-aspek lain
yang tidak terjangkau oleh peneliti, misalnya modus, maksim kesopanan, dan fungsi
tindak tutur.