Show simple item record

dc.contributor.advisorOKTAWIRANI, Panca
dc.contributor.authorARIFIANTO, Agung
dc.date.accessioned2017-10-19T03:21:21Z
dc.date.available2017-10-19T03:21:21Z
dc.date.issued2017-10-19
dc.identifier.nim140903102024
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82281
dc.description.abstractHotel adalah suatu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada, menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya yang disediakan untuk umum dan dikelola secara komersial. Hotel mempunyai beberapa departement salah satunya food & beverage department. Food & beverage department memiliki dua bagian yaitu food & beverage product dan food & beverage service. Food & beverage product yaitu suatu departemen yang bertanggung jawab dalam penyajian makanan, sedangkan food & beverage service bertugas menangani penyajian makanan dan minuman. Dalam hal ini, food & beverage service berperan untuk memberikan pelayanan yang baik disertai keramah-tamahan, kesopanan, senyuman serta membuat tamu nyaman ketika berada di restoran. Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya beralamatkan di Jalan Raya Gubeng No.54, Gubeng, Kota Surabaya. Waktu pelaksanaan kegiatan praktek kerja nyata ini dilaksanakan selama lima bulan. Jadwal pelaksanaan praktek kerja terhitung mulai tanggal 17 Januari 2017 sampai dengan 18 Juni 2017 di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata yaitu pengamatan, wawancara dan dokumen. Food & beverage department mempunyai bagian yaitu The Travelodge Restaurant. restoran ini merupakan salah satu yang berperan dalam menjual produk makanan dan minuman dan mempunyai pelayanan yang disertai SOP (standard operational procedure). The Travelodge Restaurant mempunyai berbagai macam peralatan yang ada di dalam restoran, dari berbagai macam stall meliputi stall soto, stall egg corner, stall aneka makanan tumisan jawa, stall nasi goreng dan stall pecel. Menu buffet dari appetizer, soup, main course dan dessert. Waiter dalam melaksanakan mekanisme di The Travelodge Restaurant, harus menguasai teknik membawa tray/bushing, berbahasa inggris, menulis cepat dan tepat, senyuman ramah dan paling utama adalah product knowledge. Waiter harus mempunyai kemampuan dalam menjelaskan product knowledge, karena sangat penting dalam menjelaskan kepada tamu tentang menu yang ada di restoran. Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya adalah hotel berbintang empat sehingga diperlukan seorang staf yang profesional dan kerja sama antar staf untuk melayani tamu sesuai SOP yang berlaku. Dalam memberikan pelayanan kepada tamu di The Travelodge Restaurant seorang waiter perlu meningkatkan kerjasama tim serta perlu adanya pendampingan captain terhadap waiter yang harus ditingkatkan serta lebih menerapkan standar pelayanan terhadap tamu yang sesuai dengan ketentuan SOP.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140903102024;
dc.subjectPENERAPAN SOPen_US
dc.subjectSTANDARD OPERATIONAL PROCEDUREen_US
dc.subjectWAITER DI THE TRAVELODGE RESTAURANTen_US
dc.subjectHOTEL SANTIKA PREMIERE GUBENG, SURABAYAen_US
dc.titleMekanisme Penerapan Sop (Standart Operational Procedure) Waiter di The Travelodge Restaurant, Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabayaen_US
dc.typeDiploma Reporten_US
dc.identifier.validatorTaufik 8 November


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record