Mekanisme Penerapan Sop (Standart Operational Procedure) Waiter di The Travelodge Restaurant, Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya
Abstract
Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada,
menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya yang disediakan untuk
umum dan dikelola secara komersial. Hotel mempunyai beberapa departement salah satunya food &
beverage department. Food & beverage department memiliki dua bagian yaitu food & beverage product
dan food & beverage service. Food & beverage product yaitu suatu departemen yang bertanggung jawab
dalam penyajian makanan, sedangkan food & beverage service bertugas menangani penyajian makanan dan
minuman. Dalam hal ini, food & beverage service berperan untuk memberikan pelayanan yang baik
disertai keramah-tamahan, kesopanan, senyuman serta membuat tamu nyaman ketika berada di restoran.
Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya beralamatkan di Jalan Raya Gubeng No.54, Gubeng, Kota
Surabaya. Waktu pelaksanaan kegiatan praktek kerja nyata ini dilaksanakan selama lima bulan. Jadwal
pelaksanaan praktek kerja terhitung mulai tanggal 17 Januari 2017 sampai dengan 18 Juni 2017 di
Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pelaksanaan
praktek kerja nyata yaitu pengamatan, wawancara dan dokumen.
Food & beverage department mempunyai bagian yaitu The Travelodge Restaurant. restoran ini merupakan
salah satu yang berperan dalam menjual produk makanan dan minuman dan mempunyai pelayanan yang
disertai SOP (standard operational procedure). The Travelodge Restaurant mempunyai berbagai macam
peralatan yang ada di dalam restoran, dari berbagai macam stall meliputi stall soto, stall egg
corner, stall aneka makanan tumisan jawa, stall nasi goreng dan stall pecel. Menu buffet dari
appetizer, soup, main course dan dessert.
Waiter dalam melaksanakan mekanisme di The Travelodge Restaurant, harus menguasai teknik membawa
tray/bushing, berbahasa inggris, menulis cepat dan tepat, senyuman ramah dan paling utama adalah
product knowledge. Waiter harus mempunyai kemampuan dalam menjelaskan product knowledge, karena
sangat penting dalam menjelaskan kepada tamu tentang menu yang ada di restoran. Hotel Santika
Premiere Gubeng Surabaya adalah hotel berbintang empat sehingga diperlukan seorang staf yang
profesional dan kerja sama antar staf untuk melayani tamu sesuai SOP yang berlaku. Dalam memberikan
pelayanan kepada tamu di The Travelodge Restaurant seorang waiter perlu meningkatkan kerjasama tim
serta perlu adanya pendampingan captain terhadap waiter yang harus ditingkatkan serta lebih
menerapkan standar pelayanan terhadap tamu yang sesuai dengan ketentuan SOP.