• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK HARMONIS DI SMAN BALUNG

    Thumbnail
    View/Open
    Fitria Sulvi Ulandari - 130210102049_.pdf (4.638Mb)
    Date
    2017-10-19
    Author
    ULANDARI, Fitria Sulvi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Modul berbasis saintifik untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi gerak harmonis memperoleh hasil validasi ahli sebesar 88,19 % dengan tingkat validitas sangat valid dan hasil uji validasi ahli menyatakan bahwa modul berbasis saintifik bisa digunakan dengan sedikit revisi supaya modul berbasis saintifik lebih sempurna. Selanjutnya pada validasi pengguna memperoleh hasil sebesar 100 % dengan tingkat validitas sangat valid dan validator pengguna menyatakan bahwa modul sesuai dengan yang diharapkan. Uji coba lapangan dilakukan di kelas X MIA 5 SMAN Balung dengan 3 kali pertemuan. Jumlah siswa yang digunakan dalam penelitian adalah 36 siswa. Dalam uji coba lapangan ini diperoleh 2 data yaitu data hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa untuk menunjukkan keefektifan modul berbasis saintifik dan data hasil angket respon siswa untuk menunjukkan kepraktisan modul berbasis saintifik. Data hasil tes kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui pretest dan posttest saat sebelum dan sesudah menggunakan modul berbasis saintifik. Nilai rata-rata pretest dan posttest yang dihasilkan yaitu 19,97 dan 62,47 dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,53 yang menunjukkan kategori sedang. Demikian pula dengan data hasil angket respon yang memperoleh persentase sebesar 88,68 % yang menunjukkan bahwa modul berbasis saintifik sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa 1) modul berbasis saintifik untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi gerak harmonis telah valid berdasarkan hasil validasi ahli dan validasi pengguna yaitu dengan tingkat validitas sangat valid, 2) hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh skor N-Gain sebesar 0,53 dengan kategori sedang dan dapat dikatakan bahwa modul berbasis saintifik tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam ranah kognitif, begitu juga dengan hasil belajar afektif (sikap sosial dan spiritual) dan hasil belajar psikomotor (keterampilan dalam percobaan) juga mengalami peningkatan selama 3 kali pertemuan, sehingga modul berbasis saintifik dapat dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran, 3) modul berbasis saintifik mendapatkan respon positif dari siswa dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran berdasarkan persentase angket respon yang diberikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82244
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository