• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN INDIKATOR 4 C’s PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTs KELAS IX SEMESTER 2

    Thumbnail
    View/Open
    Anisy Kurlia Seviyani.pdf (8.391Mb)
    Date
    2017-10-19
    Author
    Seviyani, Anisy Kurlia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan tahap perkembangan perserta didik dan kesesuaiannya dengan lingkungan, kebutuhan pembangunan nasional, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesenian, sesuai dengan jenis dan jenjang masing-masing satuan pendidikan (UU RI No 2 Tahun 1989, Bab IX, Pasal 37). Hal tersebut juga sesuai dengan visi dan misi Partnership for 21th century learning (P21) yang menyatakan bahwa perubahan di dunia pendidikan harus terus dilakukan sehingga semua peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk berkembang di dunia. Menurut P21, masyarakat global perlu memiliki empat keterampilan dasar, yaitu: (1) critical and problem solving skills, (2) collaboration skills, (3) communication skills, dan (4) creativity and innovation skills (P21.org, 2016). Sehingga kemudian dikenal dengan istilah 4 C’s, karena ada empat huruf C pada keterampilan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, 4 C’s perlu dikembangkan di Indonesia dengan penelitian berjudul “Pengembangan indikator 4 C’s pada mata pelajaran matematika SMP/MTs kelas IX semester 2”. Proses pengembangan indikator 4 C’s pada mata pelajaran Matematika SMP/MTs kelas IX semester 2 menggunakan model Plomp yang dimodifikasi, yaitu [1] fase investigasi awal (preliminary investigation) yang terdiri atas kegiatan analisis masalah dan studi literatur mengenai keterampilan 4 C’s dan kurikulum 2013, [2] fase desain (design) yaitu kegiatan merancang penyelesaian masalah berdasarkan investigasi awal berupa indikator 4 C’s, [3] fase realisasi/konstruksi (realization/construction) yaitu merealisasikan produk yang telah dirancang pada fase desain, dan [4] fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision) yang terdiri atas kegiatan validasi produk yang dikembangkan oleh lima validator, evaluasi dan revisi berdasarkan saran dari validator hingga diperoleh produk yang memenuhi kriteria kevalidan yaitu lebih dari sama dengan tiga. Hasil pengembangan yang diperoleh adalah indikator 4 C’s pada mata pelajaran Matematika SMP/MTs kelas IX semester 2 berbasis kurikulum 2013 revisi 2016 telah memenuhi kriteria kevalidan dengan nilai validitas sebesar 3,789. Contoh indikator berpikir kritis (critical thinking) menyatakan rumus luas permukaan tabung dari berbagai bentuk jaring-jaring tabung, kreatif (creative) membuat benda nyata yang terdiri dari gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung, komunikasi (communication) menjelaskan berbagai proses transformasi denah pada koordinat kartesius dan kolaborasi (collaboration) memberi masukan dan feedback pada teman yang presentasi tentang proses transformasi geometri dari gambar pada koordinat kartesius di depan kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82243
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository