Show simple item record

dc.contributor.advisorSURATNO
dc.contributor.advisorMURDIYAH, Siti
dc.contributor.authorHERVIANTO, Candra Pratama
dc.date.accessioned2017-10-18T07:13:56Z
dc.date.available2017-10-18T07:13:56Z
dc.date.issued2017-10-18
dc.identifier.nimNIM130210103031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82213
dc.description.abstractData yang didapatkan pada penelitian ini terdiri atas data hasil validasi buku siswa dan lembar kerja siswa (LKS), data penilaian aktivitas siswa, dan data hasil belajar kognitif siswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data persentase yang kemudian diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan dari validasi buku siswa berbasis kontekstual oleh validator ahli sebesar 84,6% dengan kategori baik. Hasil rata-rata keseluruhan dari validasi lembar kerja siswa (LKS) berbasis kontekstual oleh validator ahli sebesar 88,3% dengan kategori baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa buku siswa dan lembar kerja siswa (LKS) berbasis kontekstual termasuk dalam kategori baik dan siap untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penilaian aktivitas siswa dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dimana rata-rata aktivitas siswa pada uji coba pertama sebesar 77,4%, pada uji coba kedua sebesar 80,7%, dan pada uji coba ketiga sebesar 82,7%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPA Biologi berbasis kontekstual efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa. Ratarata nilai pre test siswa sebesar 31,5 sedangkan rata-rata nilai post test siswa sebesar 75,1 dengan selisih dari nilai keduanya adalah 43,6. Efektivitas bahan ajar IPA Biologi berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan uji Gain Score dengan nilai dominan terdapat pada kriteria gain sedang (0,63%) yang artinya pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPA Biologi berbasis kontekstual efektif diterapkan di kelas VII A MTs Negeri 1 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210103031;
dc.subjectINTERAKSI MAKHLUK HIDUPen_US
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJARen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN SERTA EFEKTIVITASNYA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Kelas VII MTs di Daerah Perkebunan Kopi)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record