• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN SERTA EFEKTIVITASNYA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Kelas VII MTs di Daerah Perkebunan Kopi)

    Thumbnail
    View/Open
    Candra Pratama Hervianto - 130210103031_.pdf (2.489Mb)
    Date
    2017-10-18
    Author
    HERVIANTO, Candra Pratama
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Data yang didapatkan pada penelitian ini terdiri atas data hasil validasi buku siswa dan lembar kerja siswa (LKS), data penilaian aktivitas siswa, dan data hasil belajar kognitif siswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data persentase yang kemudian diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan dari validasi buku siswa berbasis kontekstual oleh validator ahli sebesar 84,6% dengan kategori baik. Hasil rata-rata keseluruhan dari validasi lembar kerja siswa (LKS) berbasis kontekstual oleh validator ahli sebesar 88,3% dengan kategori baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa buku siswa dan lembar kerja siswa (LKS) berbasis kontekstual termasuk dalam kategori baik dan siap untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penilaian aktivitas siswa dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dimana rata-rata aktivitas siswa pada uji coba pertama sebesar 77,4%, pada uji coba kedua sebesar 80,7%, dan pada uji coba ketiga sebesar 82,7%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPA Biologi berbasis kontekstual efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa. Ratarata nilai pre test siswa sebesar 31,5 sedangkan rata-rata nilai post test siswa sebesar 75,1 dengan selisih dari nilai keduanya adalah 43,6. Efektivitas bahan ajar IPA Biologi berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan uji Gain Score dengan nilai dominan terdapat pada kriteria gain sedang (0,63%) yang artinya pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPA Biologi berbasis kontekstual efektif diterapkan di kelas VII A MTs Negeri 1 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82213
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository