PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN SERTA EFEKTIVITASNYA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Kelas VII MTs di Daerah Perkebunan Kopi)
Abstract
Data yang didapatkan pada penelitian ini terdiri atas data hasil validasi
buku siswa dan lembar kerja siswa (LKS), data penilaian aktivitas siswa, dan data
hasil belajar kognitif siswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
data persentase yang kemudian diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan dari validasi buku siswa
berbasis kontekstual oleh validator ahli sebesar 84,6% dengan kategori baik. Hasil
rata-rata keseluruhan dari validasi lembar kerja siswa (LKS) berbasis kontekstual
oleh validator ahli sebesar 88,3% dengan kategori baik. Hasil tersebut
menunjukkan bahwa buku siswa dan lembar kerja siswa (LKS) berbasis
kontekstual termasuk dalam kategori baik dan siap untuk digunakan dalam
kegiatan pembelajaran. Penilaian aktivitas siswa dengan menggunakan analisis
deskriptif persentase dimana rata-rata aktivitas siswa pada uji coba pertama
sebesar 77,4%, pada uji coba kedua sebesar 80,7%, dan pada uji coba ketiga
sebesar 82,7%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas
siswa. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPA
Biologi berbasis kontekstual efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa. Ratarata
nilai pre test siswa sebesar 31,5 sedangkan rata-rata nilai post test siswa
sebesar 75,1 dengan selisih dari nilai keduanya adalah 43,6. Efektivitas bahan ajar
IPA Biologi berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa dengan
menggunakan uji Gain Score dengan nilai dominan terdapat pada kriteria gain
sedang (0,63%) yang artinya pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPA
Biologi berbasis kontekstual efektif diterapkan di kelas VII A MTs Negeri 1
Jember.