• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR DI TK BINA ANAPRASA NURUL ISLAM KECAMATAN ANTIROGO KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Zhendi Merlita Amanda_1.pdf (2.312Mb)
    Date
    2017-10-11
    Author
    Amanda, Zhendi Merlita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan Motorik kasar memegang peran penting bagi individu dalam kehidupan sehari-hari. Namun secara keseluruhan kemampuan motorik kasar pada kelompok B2 TK Bina Anaprasa Nurul Islam kecamatan Antirogo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 masih kurang berkembang, karena di saat guru melaksanakan pembelajaran dalam satu hari, guru hanya menggunakan media Lembar Kerja Siswa (LKS) saja untuk mengembangkan kemampuan motorik kasarnya dengan petunjuk anak hanya disuruh untuk mewarnai dan menebalkan huruf saja. Berdasarkan pengamatan yang ditemui di lapangan tepatnya dalam proses pembelajaran motorik kasar anak kelompok B2 di TK Bina Anaprasa Nurul Islam Kecamatan Antirogo Kabupaten Jember, menunjukkan bahwa dari 20 anak dalam kelompok B2 hanya 9 anak yang sudah mulai berkembang kemampuan motorik kasarnya dengan baik, dan sisanya sebanyak 11 anak masih kurang berkembang dengan baik, untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti akan memfokuskan pembelajaran pada satu kegiatan saja. Salah satu media pembelajaran dapat digunakan dalam proses pembelajaran motorik kasar pada anak usia dini adalah permainan gobak sodor. Media permainan gobak sodor dapat menarik perhatian, minat dan motivasi anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar. Berdasarkan uaraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan permainan tradisional gobak sodor yang dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini kelompok B2 di TK Bina Anaprasa NURIS Kecamatan Antirogo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? dan 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini kelompok B2 melalui permainan tradisional gobak sodor di TK Bina Anaprasa NURIS Kecamatan Antirogo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian untuk: 1) mendeskripsikan penerapan permainan tradisional gobak sodor yang dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini kelompok B2 di TK Bina Anaprasa NURIS Kecamatan Antirogo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, dan 2) meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini kelompok B2 dengan menggunakan permainan tradisional gobak sodor di TK Bina Anaprasa NURIS Kecamatan Antirogo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 setelah melakukan kegiatan bermain gobak sodor. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian oleh Kemmis dan MC Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Proses penerapan bermain gobak sodor untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B2 di TK Bina Anaprasa Nurul Islam Jember dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dengan cara guru menjelaskan aturan bermain gobak sodor diluar kelas, kemudian guru mendemonstrasikan cara bermain gobak sodor, guru meminta anak untuk memperhatikan guru pada saat memberi contoh, kemudian guru meminta anak untuk bermain gobak sodor dengan cara yang sudah dicontohkan oleh guru. Pelaksanaan pada siklus II hampir sama dengan siklus I akan tetapi ditambahkan perbaikan dari perencanaan yang ada pada siklus I antara lain guru tidak memberi contoh lagi kepada anak sebelum memulai permainan,tidak menjelaskan aturan permainan gobak sodor di luar kelas sehungga perhatian anak berpusat pada guru. Peningkatan kemampuan motorik kasar anak kelompok B2 TK Bina Anaprasa Nurul Islam Jember tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan ratarata kelas pada sikus I 71 dan siklus II meningkat menjadi 81. Saran bagi guru, hendaknya dapat menerapkan media bermain gobak sodor sebagai alternatif dalam proses pembelajaran, khususnya dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar anak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82073
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository