Show simple item record

dc.contributor.authorEva Santi Natalia
dc.date.accessioned2013-12-11T09:04:24Z
dc.date.available2013-12-11T09:04:24Z
dc.date.issued2013-12-11
dc.identifier.nimNIM090210204184
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8206
dc.description.abstractFakta menunjukkan bahwa pembelajaran bercerita di SDN 03 Buluagung dinilai membosankan oleh siswa, karena disampaikan dengan metode yang tidak menarik, tidak menggunakan media pembelajaran dan interaksi antara guru dengan siswa kurang terjalin. Hal ini mempengaruhi rendahnya keberanian siswa dan penguasaan materi yang diperoleh siswa, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas maka perlu digunakan metode maupun media yang menarik bagi siswa dan dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa, yaitu metode permainan kreatif dan media ular tangga. Oleh karena itu diadakanlah penelitian yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Bercerita dengan Menggunakan Metode Permainan Kreatif melalui Media Ular Tangga pada Siswa Kelas III SDN 03 Buluagung Siliragung-Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Buluagung Siliragung-Banyuwangi pada siswa kelas III, yang terdiri dari 18 siswa. Dengan menggunakan metode permainan kreatif melalui media ular tangga. Permainan kreatif ular tangga merupakan permainan ular tangga yang dimodifikasi untuk digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan suasana santai dan menyenangkan. Dalam penerapannya, awalnya siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok lalu setiap perwakilan kelompok maju ke depan untuk melempar dadu dan menentukan kelompok mana yang mendapatkan nilai dadu tertinggi yang akan mendapatkan giliran pertama bermain. Pemain yang mendapatkan kesempatan mengambil kartu dan mendapat perintah bercerita segera bercerita, sedangkan pendengar cerita menanggapi cerita pencerita. Berdasarkan perbandingan hasil penilaian pada pembelajaran prasiklus, siklus I dan siklus II, dapat dilihat bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada prasiklus hanya ada 5 siswa yang mendapatkan nilai ≥ 60 dengan persentase 27,78 %. Setelah dilakukan pembelajaran bercerita menggunakan permainan kreatif ular tangga pada siklus I jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥ 60 menjadi 8 siswa dengan persentase 44,44 %. Pada siklus II pembelajaran menggunakan perencanaan yang lebih baik dari siklus I, peningkatan persentase nilainya menjadi 94,44 % dengan jumlah siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebanyak 17 siswa. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode permainan kreatif dengan media ular tangga dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas III SDN 03 Buluagung. Saran yang dapat diberikan setelah melakukan penelitian ini adalah :en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204184;
dc.subjectPENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA , METODE PERMAINAN KREATIFen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN KREATIF MELALUI MEDIA ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS III SDN 03 BULUAGUNG SILIRAGUNG-BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record