• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B3 MELALUI METODE DEMONSTRASI MEMBUAT BENTUK BINATANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS LIPAT DI TK DARUS SHOLAH KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    NUR IDAYATI_1.pdf (1.664Mb)
    Date
    2017-10-10
    Author
    IDAYATI, NUR
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan motorik halus yaitu gerakan terbatas dari bagian-bagian yang meliputi otot kecil, terutama gerakan di bagian otot-otot tangan. Kegiatan yang berhubungan dengan motorik halus memerlukan koordinasi antara gerakan mata dan tangan seperti melipat. Berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan bahwa dari 20 anak, sebanyak 16 anak yang memiliki kemampuan motorik halus yang kurang optimal. Guru menggunakan metode demonstrasi dalam melakukan kegiatan melipat, namun guru terlalu cepat dalam menyampaikan materi sehingga banyak anak yang kurang mampu mengikuti kegiatan melipat tersebut. Guru tidak melakukan bimbingan kepada anak secara individual hanya terpaku pada satu titik saja dan sering menggunakan kertas lipat yang biasa tanpa ada garis yang dapat mempermudah anak dalam melakukan kegiatan melipat. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan metode demonstrasi membuat bentuk binatang melalui media kertas lipat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?; dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 melalui metode demonstrasi membuat bentuk binatang dengan menggunakan media kertas lipat di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi membuat bentuk binatang dengan menggunakan media kertas lipat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 melalui metode demonstrasi membuat bentuk binatang dengan menggunakan media kertas lipat di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B3 berjumlah 20 anak, terdiri atas 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Mulyasa. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif Penerapan metode demonstrasi membuat bentuk binatang dengan menggunakan media kertas lipat dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus1 dan siklus 2. Siklus 1 dilakukan dengan cara guru memberikan kesempatan kepada anak 2. Siklus 1 dilakukan dengan cara guru memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih kertas lipat yang diinginkan. Kemudian guru (peneliti) mendemonstrasikan cara melipat bentuk binatang kepada anak dan anak-anak mengikutinya bersama guru. Setelah guru mendemonstrasikan cara melipat bentuk binatang kepada anak, guru menyuruh anak untuk melipat bentuk binatang tanpa contoh dari guru untuk mengetahui hasil dari lipatan anak yang telah didemonstrasikan oleh guru. Pelaksanaan pada siklus 2 hampir sama dengan siklus 1 akan tetapi ditambahkan perbaikan dari rencana yang ada pada siklus 1. Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 TK Darus Sholah tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 61%, siklus 1 68,75%, dan siklus 2 meningkat menjadi 86,3%. Saran bagi guru hendaknya guru dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dengan menggunakan kegiatan melipat dan menggunakan metode demonstrasi, kepala sekolah hendaknya menyarankan para guru untuk menggunakan metode demonstrasi dalam melakukan kegiatan melipat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82036
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15432]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository