PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B3 MELALUI METODE DEMONSTRASI MEMBUAT BENTUK BINATANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS LIPAT DI TK DARUS SHOLAH KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Keterampilan motorik halus yaitu gerakan terbatas dari bagian-bagian
yang meliputi otot kecil, terutama gerakan di bagian otot-otot tangan. Kegiatan
yang berhubungan dengan motorik halus memerlukan koordinasi antara gerakan
mata dan tangan seperti melipat. Berdasarkan observasi dan wawancara
ditemukan bahwa dari 20 anak, sebanyak 16 anak yang memiliki kemampuan
motorik halus yang kurang optimal. Guru menggunakan metode demonstrasi
dalam melakukan kegiatan melipat, namun guru terlalu cepat dalam
menyampaikan materi sehingga banyak anak yang kurang mampu mengikuti
kegiatan melipat tersebut. Guru tidak melakukan bimbingan kepada anak secara
individual hanya terpaku pada satu titik saja dan sering menggunakan kertas lipat
yang biasa tanpa ada garis yang dapat mempermudah anak dalam melakukan
kegiatan melipat.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan metode demonstrasi membuat
bentuk binatang melalui media kertas lipat untuk meningkatkan kemampuan
motorik halus anak kelompok B3 TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?; dan (2) bagaimanakah
peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 melalui metode
demonstrasi membuat bentuk binatang dengan menggunakan media kertas lipat di
TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran
2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini
adalah: (1) mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi membuat bentuk
binatang dengan menggunakan media kertas lipat untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 di TK Darus Sholah Kecamatan
Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan
kemampuan motorik halus anak kelompok B3 melalui metode demonstrasi
membuat bentuk binatang dengan menggunakan media kertas lipat di TK Darus
Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B3 berjumlah 20 anak,
terdiri atas 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model
penelitian Mulyasa. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu rencana, tindakan,
observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data
yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif
Penerapan metode demonstrasi membuat bentuk binatang dengan
menggunakan media kertas lipat dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus1 dan siklus
2. Siklus 1 dilakukan dengan cara guru memberikan kesempatan kepada anak 2. Siklus 1 dilakukan dengan cara guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk memilih kertas lipat yang diinginkan. Kemudian guru (peneliti)
mendemonstrasikan cara melipat bentuk binatang kepada anak dan anak-anak
mengikutinya bersama guru. Setelah guru mendemonstrasikan cara melipat
bentuk binatang kepada anak, guru menyuruh anak untuk melipat bentuk binatang
tanpa contoh dari guru untuk mengetahui hasil dari lipatan anak yang telah
didemonstrasikan oleh guru. Pelaksanaan pada siklus 2 hampir sama dengan
siklus 1 akan tetapi ditambahkan perbaikan dari rencana yang ada pada siklus 1.
Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B3 TK Darus Sholah
tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 61%, siklus 1 68,75%, dan siklus 2 meningkat menjadi 86,3%.
Saran bagi guru hendaknya guru dapat meningkatkan kemampuan motorik
halus dengan menggunakan kegiatan melipat dan menggunakan metode
demonstrasi, kepala sekolah hendaknya menyarankan para guru untuk
menggunakan metode demonstrasi dalam melakukan kegiatan melipat.