Show simple item record

dc.contributor.advisorNanik Yuliati
dc.contributor.advisorMisno A. Latief
dc.contributor.authorRahmah, Novia Imawati
dc.date.accessioned2017-10-03T07:56:00Z
dc.date.available2017-10-03T07:56:00Z
dc.date.issued2017-10-03
dc.identifier.nim130210205007
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81933
dc.description.abstractPendidikan anak di Taman Kanak-Kanak (TK) identik dengan kreasi dan kesenian, salah satunya adalah musik yang sepertinya menjadi salah satu identitas pada jenjang pendidikan usia dini. Musikalitas pada anak sangat perlu dikembangkan, karena salah satu kemampuan yang memungkinkan untuk dikembangkan di masa yang akan datang. Kemampuan musikalitas setiap anak berbeda-beda, seperti halnya di TK Ilmu Al-Qur’an masih banyak anak yang kemampuan musikalitasnya rendah hal ini sebabkan karena pembelajaran yang digunakan di sekolah bersifat monoton, kurangnya kesadaran guru akan pentingnya musik bagi anak dan tidak menggunakan alat musik hanya menggunakan tepuk tangan saat bernyanyi, sehingga kemampuan musikalitas anak tidak berkembang dengan optimal. Berdasarkan permasalahan tentang kemampuan musikalitas tersebut, perlu adanya penggunaan media yang dapat mengoptimalkan kemampuan musikalitas anak. Media yang dapat digunakan salah satunya media perkakas dapur. Pemilihan media perkakas dapur untuk meningkatkan musikalitas anak karena perkakas dapur adalah alat yang sering digunakan dalam keseharian anak seperti saat makan dan minum. Berdasarkan permasalahan di atas, dapat dipaparkan rumusan masalah penelitian ini, adalah: 1) bagaimanakah penerapan media perkakas dapur untuk meningkatkan musikalitas anak kelompok B2 di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; 2) bagaimanakah peningkatan musikalitas anak Kelompok B2 dengan menggunakan media perkakas dapur di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media perkakas dapur untuk meningkatkan musikalitas anak kelompok B2 setelah diterapkanya media perkakas dapur di TK Ilmu Al Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B2 TK Ilmu Al-Qur’an dengan subjek penelitian berjumlah 15 anak, yang terdiri atas 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart, yang mana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu analisa data kualitatif dan analisa data kuantitatif. Penerapan media perkakas dapur pada siklus I diawali dengan pembukaan, tanya jawab materi sesuai tema, mengenalkan lagu Atas Bawah pada anak, mencontohkan gerakan dan ekspresi lagu Atas Bawah, mencontohkan cara memainkan media perkakas dapur pada lagu Atas Bawah, selanjutnya anak mempraktekan. Kedala yang dialami pada siklus I yaitu, suara guru tidak terdengar dengar lantang karena suara media perkakas dapur yang dipukul-pukul oleh anak, beberapa anak masih belum bisa berekspresi sesuai dengan syair lagu, dan ada beberapa anak yang memukul media perkakas dapur sebelum diperintah oleh guru. Pelaksanaan siklus II sama dengan siklus I, namun pada siklus II guru membagi anak menjadi 3 kelompok dan setiap kelompok memainkan media perkakas dapur yang berbeda, guru mengkolaborasikan media perkakas dapur, sehingga menghasilkan suara yang indah didengar dan dapat meningkatkan musikalitas anak. Hasil dari penerapan media perkakas dapur menunjukan adanya peningkatan kemampuan musikalitas anak kelompok B2 TK Ilmu Al-Qur’an Jember berupa nilai rata-rata kelas pada tahap prasiklus 52 dan mengalami peningkatan pada siklus I 64,97 kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi yaitu mencapai 82,18. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas saran yang diberikan kepada guru adalah untuk menggunakan media perkakas dapur dalam kegiatan bernyanyi saat pembelajaran, sehingga kemampuan musikalitas anak akan meningkat dan anak menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Selain itu saran yang diberikan kepada peneliti lain hendaknya memperhatikan kelemahan dan kelebihan penelitian ini sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penelitian lainya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMUSIKALITASen_US
dc.subjectANAKen_US
dc.subjectMEDIA PERKAKAS DAPURen_US
dc.titleMENINGKATKAN MUSIKALITAS ANAK KELOMPOK B2 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERKAKAS DAPUR DI TK ILMU AL-QUR’AN KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record